Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menyiapkan sebanyak 11.000 personel gabungan, untuk mengantisipasi sejumlah titik rawan perjalanan kereta pada saat masa angkutan Idul Fitri 2019 mendatang.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan selain mengantisipasi bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan ambles, KAI akan mewaspadai pintu perlintasan kereta dan mengerahkan para petugas untuk memastikan perjalanan kereta.

“Lebaran tahun ini kita akan mengamati titik rawan. Sekarang musimnya tidak jelas, bias hujan bias kering, bahkan tiba-tiba hujan deras. Terdapat tiga yakni  rawan longsor, banjir ambles dan yang paling akhir paling bahaya di perlintasan sebidang,” ujarnya, Kamis (28/3).

Menurutnya, dari 11.000 pasukan, akan diprioritaskan mengawasi titik di jalur perlintasan sebidang yang saat ini terdapat sebanyak 300 titik rawan yang harus diwaspadai, termasuk perlintasan sebidang yang akan menjadi prioritas.

Sebanyak 11.000 petugas itu, lanjutnya, akan dibagi mengawasi jalur, terutama pada jalur perlintasan sebidang, karena saat Lebaran perlintasan sebidang akan padat dan keretanya pun tidak bisa diberhentikan.

Dia menuturkan sementara titik rawan longsor yang diamati berikutnya ada di jalur selatan mengingat di wilayah selatan itu banyak terdapat tebing-tebing yang mudah longsor.

“Titik rawan mencapau 300 titik rawan yang terdapat di jalur utara dan selatan. Bahkan lebih banyak rawannya ada di jalur selatan mudah longsor, rawan gerak,” tuturnya.

Sementera pada H-10 Lebaran, KAI akan menempatkan petugasnya untuk menjaga pintu perlintasan tersebut. Selain itu, sejumlah alat berat juga akan diturunkan untuk antisipasi kendala selama perjalanan kereta menjalang maupun sesudah Lebaran. (RS)

 

10
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>