Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia]  – PT KAI Daop 4 Semarang bakal melakukan penutupan perlintasan KA sebidang, menyusul tingginya angka kecelakaan diperlintasan sebidang itu di wilayahnya.

Krisbiantoro, Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang mengatakan KAI Daop 4 Semarang akan  melakukan penutupan perlintasan sebidang pada total 107 perlintasan sebidang atau liar dengan cara dipatok oleh petugas.

Perlintasan liar yang dipatok ini, lanjutnya, paling banyak terdapat di Kabupaten Grobogan mencapai sebanyak 33 tempat, Blora 17 tempat, Kendal 10 tempat dan Semarang, 13 tempat.

“Perlintasan ini dipatok atau ditutup agar bisa mengurangi angka kecelakaan yang melibatkan kereta api (KA),” kujarnya, Senin (9/9).

Menurutnya, jumlah perlintasan yang liar itu hingga saat ini terdapat 90 tempat, dan Kabupaten Grobogan paling banyak dengan jumlah 33 tempat, disisul Demak 14 tempat dan Semarang 12 tempat.

“Sedangkan jumlah perlintasan yang tidak dijaga juga masih banyak, ada sekitar 219 tempat atau titik, sementara perlintasan yang dijaga jumlahnya hanya 124 tempat,” tuturnya.

Sementara itu, Pengamat Transportasi dari Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang Djoko Setijowarno menilai masalah perlintasan liar atau sebidang ini harus diselesaikan oleh PT KAI dan Pemerintah Daerah.

“Uaya itu, bertujuan untuk menekan angka kecelakaan, Kepolisiam pun harus tegas untuk menindak pelanggar di perlintasan sebidang,” ujarnya.

Menurutnya, meski memiliki palang pintu atau dijaga oleh petugas, perlintasan itu juga menjadi sumber petaka. Selain menjadi simpul terjadinya kecelakaan, perlintasan sebidang merupakan titik kemacetan.

Tingginya frekuensi perjalanan KA, lanjutnya, juga mengakibatkan waktu tunggu untuk pengguna jalan raya semakin lama. (RS)

8
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>