Sebarkan berita ini:

11-Inova vs KASEMARANG[SemarangPedia] –  PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop IV menyarankan Pemkab Demak dan pemkab lainnya agar dapat membuat palang pintu perlintasan kereta api (KA) di wilayahnya, menyusul telah terjadi insiden kecelakaan yang menimpa Kepala Ombusdman Jawa Tengah, Achmad Zaid di perlintasan KA Desa Brumbung, Mranggen Jateng, Kamis (11/8)

Humas PT Kereta Api Indonesia Daop IV, Krisbiantoro mengatakan perlintasan kereta api untuk pihak PT KAI hanya sebagai operator, sedangkan penyedia palang pintu perlitasan KA tanggungjawab pemerintah daerah setempat.

“KAI hanya bertugas sebagai operator yang menjalankan kereta api, sedangkan penyedia palang pintu merupakan tugas pemerintah daerah setempat, ” ujarnya menanggapi insiden kecelakaan yang menimpa Achmad Zaid,

Selama ini, lanjutnya, perlintasan kereta api tersebut hanya dijaga oleh masyarakat sekitar dengan cara swadaya masyarakat, sehingga masih cukup mabhayakan dan potensi kecelakaan bisa terjadi.

Sebelumnya, PT KAI telah memberikan saran kepada pemerintah daerah untuk menutup pintu-pintu perlintasan kereta api tersebut, sesuai UU yang berlaku.

” UU 23 tahun 2007 menyebutkan perkeretaapia hanya bertugas sebagai operator. Karena kepentingan daerah terkait dengan kepentingan masyarakat untuk menutup  atau diberi pintu perlintasan,” tuturnya.

Insiden kecelakaan telah terjadi yang menewaskan Ketua Ombudsman RI Jateng, Achmad Zaid di pelintasan kereta api tanpa palang pintu di Desa Brumbung, Kecamatan Mranggen, Demak, Kamis siang. (11/8) siang.

Mobil Kijang Innova yang dikemudikan Achmad Zaid, tertabrak kereta penumpang Maharani jurusan Semarang-Surabaya.

Menurut Kasatlantas Polres Demak AKP Yoppy Anggi Krisna, Kecelakaan terjadi sekitar pukul 12.15 WIB ketika mobil hendak menyeberang tertabrak kereta api dari arah barat (Semarang).

“Mobil yang berisi empat orang melaju dari arah selatan menuju utara atau dari Jalan Semarang-Purwodadi menuju Pantura Semarang-Demak,” ujarnya.

Kejadian tersebut berawal saat mobil yang dikemudikan Achmad melintas di perlintasan kereta api tanpa palang pintu, usai melakukan kunjungan ke SD Negeri Batursari 06 Mranggen, Demak. Di saat yang bersamaan KA Maharani jurusan Semarang-Surabaya juga melintas.

Kecelakaanpun tidak dapat terhindarkan, Benturan keras membuat mobil Mobil Kijang Innova bernomor polisi H 8985 YW  terpental dan rusak parah . (HN/RS)

245
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>