Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – PT KAI Daop IV Semarang menyiapkan tujuh kereta tambahan untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik pada Lebaran 2018 dan memberikan kenyamnan bagi pemudik.

Manajer Humas PT KAI Daop IV Semarang, Suprapto mengatakan kereta tambahan untuk lebaran mendatang sebanyak itu dijadwalkan mulai beroperasi pada 4 Juni hingga 26 Juni 2018.

Pada masa angkutan Lebaran tahun ini, lanjutnya, jumlah perjalanan kereta api yang beroperasi di wilayahnya mencapai sebanyak 65 perjalanan dengan kapasitas 42.210 tempat duduk.

“Puncak arus mudik di wilayah Daop IV Semarang diperkirakan terjadi pada 13 Juni 2018, sedangkan arus balik diprediksi terjadi pada 17 Juni 2018,” ujarnya.

Menurutnya, jumlah perjalanan yang berada di wilayah Daop IV Semarang terdiri atas 13 KA regular dengan kapasitas 8.170 tempat duduk dan 3 KA tambahan berkapasitas 2.620 tempat duduk, yang merupakan pemberangkatan awal dari wilayah Daop 4.

Selain itu, dia menambahkan 16 perjalanan KA lokal denga kapsitas 8.776 tempat duduk, dan 29 KA reguler yang menyiapkan kapasitas 16.368 tempat duduk serta 4 KA tambahan berkapasitas 6.276 tempat duduk, yang melintas di wilayah PT KAI Daop 4.

DaopIV Semarang memberlakukan sistem pemesanan tiket KA mulai 90 hari sebelum keberangkatan H-90 Lebaran.

Pada 14 Maret 2018 ini masyarakat sudah bisa memesan tiket hingga untuk keberangkatan kereta api tiga hari sebelum Lebaran.

”Untuk pemesanan tiket KA tambahan dapat dilakukan mulai H-60,” tuturnya. Menurutnya, pada masa angkutan Lebaran 2018 Daop IV juga memperbesar kapasitas bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran akses pemesanan tiket.

Dia menuturkan untuk memperkuat sistem keamanan dengan mengupgrade sistem firewall diakukan agar dapat meminimalisasi risiko adanya gangguan sistem IT.

“Kami menghimbau kepada masyarakat memesan tiket dilakukan melalui fasilitas layanan external channel seperti website resmi KAI, CC 121, aplikasi online tiket seperti kai access, minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, serta yang lainnya,” ujarnya.

Pemesanan tiket, lanjutnya, melalui external channel tersebut sangat praktis dan tidak membutuhkan waktu yang cukup banyak, dibandingkan apabila memesan tiket di loket stasiun. (RS)

43
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>