Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menambah sebanyak 28 rangkaian kereta api untuk memenuhi lonjakan penumpang pada liburan Natal dan Tahun Baru mendatang, di luar layanan reguler yang selama ini dioperasikan.

Direktur Keuangan PT KAI Diediek Hartanto mengatakan sebanyak 28 kereta tambahan itu dengan kapasitas total kursi 208.564 per hari, sedangkan kereta reguler terdapat sebanyak 328 perjalanan dengan total 212.564 “seat” per hari.

“Pada arus angkutan penumpang liburan Natal dan Tahun Baru tahun ini diperkirakan kereta itu akan menambah volume penumpang menjadi 4,5 juta penumpang, naik 6%, dibanding tahun lalu yang mencapai 4,3 juta penumpang,” ujarnya saat peninjauan persiapan layanan kereta di Statiun Tawang, Semarang.

Dalam peninjauan itu, seluruh direksi PT KAI didampingi pejabat Kementerian Perhubungan juga mengecek track lintas utara dan selatan. Pengecekan dilakukan dari jalur utara Jakarta, Cirebon, Semarang, Cepu, Bojonegoro, Surabaya, Jember, hingga Banyuwangi.

Sedangkan di jalur selatan dari Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Madiun, Kertosono, dan Malang.

Menurutnya, pengecekan itu dilakukan untuk meyakini lintas tersebut mampu menampung dan memberikan pelayanan yang baik pada angkutan kereta api.

Selain mengecek titik rawan longsor, dia menambahkan  KAI juga menyiapkan alat berat dan material di tempat rawan bencana. Kesiapan itu untuk mengantisipasi jika terjadi bencana longsor maupun banjir yang menggenangi jalur kereta api.

Manajer Humas PT KAI Daop IV Semarang Edy Koeswoyo menuturkan terdapat dua tambahan kereta dari Semarang untuk pelayanan Natal dan Tahun Baru.

“Sedangkan yang transit ada dua, Argo Muria enam rangkaian gerbong, Menoreh Semarang Tawang delapan rangkaian gerbong.  Selain itu, tercatat ada kereta transit lain meliputi Kerta Jaya dengan tambahan 16 gerbong,” tuturnya.

KA Argo Muria Tambahan melayani jurusan Semarang-Gambir (Jakarta) pulang-pergi (PP) dengan rangkaian enam gerbong untuk kelas eksekutif berkapasitas sebanyak 600 penumpang.

Sedangkan KA Menoreh Tambahan, dia menambahkan melayani jurusan Semarang-Pasar Senen dan sebaliknya dengan rakangkain delapan gerbong berkapasita sebanyak 1.792 penumpang.

Menurutnya, tidak hanya KA tambahan yang disediakan KAI Daops IV Semarang, namun masih terdapat dua KA tambahan yang merupakan KA terusan yang melintasi wilayah Daops IV Semarang.

Dua KA terusan itu, terdiri KA Kertajaya Tambahan tujuan Surabaya-Jakarta PP dengan rangkaian 18 gerbong kelas ekonomi yang mampu mengangkut penumpang dengan total sebanyak 1.408 penumpang.

Selain KA itu, disusul  KA Madiun Ekonomi dengan tujuan Jakarta-Madiun PP melinasi Semarang membawa rangkaian sebanyak 16 gerbong K3 atau kelas ekonomi berkapasitas total sebanyak 1.792 penumpang.

Dia menuturkan kereta api tambahan untuk angkutan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, mulai dioperasikan pada 18 Desember 2016 hingga 8 Januari 2017, dengan tiket sudah dapat diayani pada sejak 15 November 2016.

KAI kini telah mengoperasikan setidaknya 328 perjalanan KA reguler dan 28 perjalanan KA tambahan dengan total 212.564 “seat” per hari.

“Khusus di wilayah KAI Daops IV Semarang, total mencapai 74 perjalanan per hari untuk KA reguler, dan ditambah delapan perjalanan per hari untuk KA tambahan pada angkutan Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

254
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>