Sebarkan berita ini:

19-BorobudurSEMARANG[SemarangPedia]- Pengembangan Kawasan Strategis Nasional (KSN) di sekitar Candi  Borobudur, Kabupaten Magelang semakin serius bakal diwujudkan, menyusul kajian master plane KSN itu segera selesai November mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Jawa Tengah Prasetyo Aribowo mengatakan saat ini kajian master plane pengembangan KSN di sekitar Candi Borobudur masih proses penyusunan oleh tim yang ditunjuk Pemprov Jateng.

Menurutnya, kajian yang menelan biaya senilai Rp 3,6 miliar itu, sumber danaya  diperoleh dari dana dekonsentrasi APBN melalui Kementerian Pariwisata 2016 dan dihatapkan kajian terserbut harus tuntas pada November tahun ini.

“Dana kajian itu, bukan hanya untuk KSN Candi Borobudur, tetapi juga pengembangan wisata kawasan Dieng, Kabupaten Wonosobo, Sangiran Kabupaten Sragen dan Karimunjawa Kabupetan Jepara dengan nilainya berbeda,” ujarnya, usai mengikuti rapat pemaparan dari tim penyusun master plane pengembangan kawasan Borobudur, di ruang kerja Gubernur Jateng, Jumat (19/8).

Pengembangan Kawasan Strategis Nasional (KSN) yang ada di sekitaran Candi  Borobudur di Kabupaten Magelang, akan dijadikan destinasi wisata yang berbasis budaya, spiritual, eco tourism, desa wisata dan lainnya.

Pada kajian awal, lanjutnya, yang kini telah dilakukan oleh tim penataan  akan berbasis konservasi kawasan, terutama penataan bangunan di radius lima kilometer dari Candi  Borobudur dan radius 10 kilometer sebagai kawasan penyangganya

Dia menambahkan sesuai Perpres Nomor 58 Tahun 2014 tentang KSN, daerah penyangga boleh dikembangkan, namun harus memperhatikan aspek konservasi, misalnya, mengenai pendirian menara Base Transceiver Station (BTS) maupun gedung bertingkat.

“Boleh mendirikan bangunan tapi harus diatur, misalnya BTS maupun bangunan tidak boleh berdiri menutupi pandangan orang menikmati pegunungan menoreh dari dan menuju  Borobudur, itu tidak boleh,” tuturnya. (RS)

 

147
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>