Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Perusahaan jamu di wilayah Jawa Tengah diminta untuk terus mengembangkan diversifikasi produk dengan inovasi serta modernisasi yang diharapkan mudah diterima konsumen ditengah pesatnya perkembangan zaman.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan perusahaan jamu harus mampu mengembangkan produksi dengan melakukan berbagai terobosan inovasi hingga dapat diterima pasar.

Menurutnya, melalui inovasi tersebut diharapkan produk jamu yang dihasilkan akan mengikuti perkembangan zaman yang begitu pesat, sehingga mudah terserap di pasar yang lebih luas.

“Kita bisa mengembangkan dengan teknologi yang lebih modern. Saya kira perusahaan-perusahaan jamu sekarang ini mesinnya juga semakin canggih, terus kemudian masyarakat konsumen minum jamu dan makan jamu dikemas permen sekarang sudah tidak lagi merasakan berbeda, Inilah yang saya maksud sebagai jamu mengikuti perkembangan zaman,” ujarnya saat membuka Grand Final Pemilihan Ratu Jamu Gendong dan Jamu Gendong Teladan 2016 di Museum Mandala Bhakti Semarang, Selasa (20/12) malam.

Ganjar menyoroti terkait kebutuhan bahan baku jamu, karena saat ini beberapa kebutuhan bahan baku jamu di Indonesia masih belum terpenuhi.

“Salah satunya jahe yang ternyata masih impor dari India dan China. Oleh karena itu, perusahaan jamu dengan petani bahan baku jamu harus dipertemukan, untuk dapat slaing membantu. Petani membudidayakan bahan baku jamu, menciptakan bibit unggul dan sekaligus melakukan pengawasan terhadap kualitas bahan baku tersebut,” tuturnya.

Modernisasi produk jamu, lanjutnya, bukan berarti akan mematikan atau menghambat produk  jamu-jamu tradisional. Bahkan diharapkan agar jamu modern dan tradisional bisa dikolaborasikan untuk menciptakan satu inovasi.

“Langkah itu, diharapkan bisa menjadi tuan rumah di negerinya sendiri dan mampu bersaing dengan negara-negara yang saat ini mulai mengembangkan obat herbal,” ujarnya. (RS)

 

195
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>