Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Kantin Kebijakan yang digelar umat Kong Hu Cu Semarang di kawasan Tanah Mas , Sabtu (2/2)) dalam rangka menyabut datangnya tahun baru imlek diharapkan dapat memperkokoh tali persaudaraan masyarakat yang beraneka ragam perbedaannya.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Jawa Tengah (FKUB Jateng) Drs KH Taslim Syahlan, M.Si mengatakan kegiatan seperti ini mengajak masyarakat dari berbagai etnis yang beragam latarbelakangnya untuk dapat menikmati hidangan bersama dapat mempersempit jurang perbedaan dan menjadi sarana untuk memperlancar komunikasi.

“Kantin kebijakan ini aktualisasinya mirip tradisi Jawa, yakni menikmati hidangan
setelah prosesi selametan selesai. Semuanya berbaur bersama-sama menikmati berbagai macam hidangan dalam rangka menyongsong datangnya tahun baru imlek,” ujar Taslim di Semarang, Sabtu (2/2).

Menurutnya, kegiatan yang difasilitasi pengurus Majlis Tinggi Agama Kong Hu Cu Indonesia Provinsi Jawa Tengah (Matakin Jateng) ini juga diikuti sejumlah pemuka agama perwakilan dari majlis-majlis agama yang ada, ini menjadi indikasi bahwa komunikasi antar umat beragama berjalan lancar.

Meski berbeda keyakinan, lanjutnya, mulai dari pemuka hingga umat tidak menjadi penghalang untuk hidup berdampingan rukun tanpa mempersoalkan perbedaan, apalagi momen pergantian tahun ini hanya terkait tentang peristiwa budaya, maka tidak perlu dipertentangkan.

Dia menuturkan kegiatan ini justru menjadi pemicu penguatan sumber kekuatan bangsa ditengah keragaman, sekaligus memperkuat simbul-simbul kerukunan bangsa. Oleh karena itu FKUB Jateng mendorong agar kantin kebijakan seperti ini suatu saat juga digelar di luar Kota Semarang.

Momentum seperti ini, tutur Taslim, perlu dilestarikan
dan terus dikembangkan sebagai salah satu instrumen kekuatan masyarakat dalam menyangga kekuatan bangsa Indonesia. (SMH/RS)

11
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>