Sebarkan berita ini:

23-siceSEMARANG[SemarangPedia] – Ratusan kartunis dari berbagbai negara dipastikan akan mengikuti pameran kartun internasional yang dikemas dalam Tema  “SECAC International Cartoon Exhibition (SICE) 2016” pada 22-24 Oktober 2016 mendatang.

Ketua Semarang Cartoon Club (SECAC) sekaligus Ketua Panitia SICE 2016 Slamet Widodo mengatakan ratusan kartunis itu berasal dari berbagai negara dan mereka sudah memastikan bakal ikut meramaikan kegiatan pameran yang akan digelar di Wisnma Perdamaian Semarang.

Pameran kartun tingkat internasional itu, lanjutnya, akan digelar di Wisma Perdamaian, Kota Semarang selama dua hari, bahkan telah mendapat tanggapan positif dari kartunis mancanegara.

Hal itu, dia menambahkan dibuktikan dengan jumlah kartunis yang terlibat dalam pameran mencapai 240 kartunis dalam negeri maupun mancanegara yang berpartisipasi, kartunis mancannegara mereka berasal dari 60 negara.

Kurator SICE 2016, Jitet Koestana menuturkan beberapa kartunis top dunia sudah mengirim karya. Seperti Luc Descheemaeker (Belgia), J Bosco (Brasil), Silvano Mello (Brasil), Tsocho Peev (Bulgaria), Jin Xiao Xing (China), Jiri Srna (Republik Ceko), Fawzy Morsy (Mesir), Agim Krasniqi (Kosovo), Constantin Pavel (Romania), Anatoly Radin (Rusia), Borislav Stankovic (Serbia), Raed Khalil (Syria), Musa Gumus (Turki), Gennady Nazarow (Ukraina), Raquel Orzuj (Uruguay) dan Arash Faroughi  (Iran).

Kartunis papan atas Indonesia yang ikiut serta di antaranya GM Sudharta (Klaten),  Leak Koestiya (Surabaya), Koesnan Hoesie (Semarang), Yehana SR (Magelang), Hendriqus David Arie (Jakarta), dan Djoko Susilo (Kendal).

“Hingga saat ini karya yang masuk ke panitia mencapai 400-an. Kami akan menyeleksinya untuk dipamerkan,” tuturnya,Jumat. (23/9)

Jumlah sebanyak itu, lanjutnya, masih akan terus bertambah, mengingat panitia SICE 2016 masih menerima kiriman karya dari para kartunis hingga batas waktu 16 Oktober 2016 mendatang.

Pengiriman karya bisa melalui email secacexhibition@gmail.com Tema kartun SICE 2016 adalah bebas.

Selain pameran di Wisma Perdamaian, karya-karya kartunis top dunia itu juga akan dipamerkan di kawasan Simpang Lima dan Gedung Lawang Sewu Semarang pada akhir tahun ini.

Slamet menambahkan, SICE 2016 dalam rangka menghidupkan kembali gairah kartun di Kota Semarang. Karena Semarang selama ini mendapat julukan ibukota kartun Indonesia.  SECAC yang notabene organisasi kartun terbesar di Indonesia telah beberapa kali menggelar lomba dan pameran kartun.

Pada 1988 SECAC pernah menggelar Lomba dan Pameran Kartun Internasional bertajuk “Canda Laga Manca Negara.” Terdapat 39 negara yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Tiga tahun berikutnya, SECAC juga membuat kejutan dengan pameran kartun terpanjang di dunia pada 1991, selain juga beberapa event  seperti trilogi Semarang dalam Kartun pada 1991, Ketawa Total yang digeklar 1993, Primitif 2000 diselenggarakan 1994 dan Secac Reborn. (RS)

 

149
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>