Sebarkan berita ini:

22-Lahan PadiSEMARANG[SemarangPedia] – Kawasan Gunungpati dan Mijen Kota Semarang disiapkan untuk pengembangan lahan persawahan dengan tanaman padi berbagai varietas, hingga mampu menghasil beras unggulan dengan kualitas premium yang memiliki nilai jual tinggi.

Wakil Walikota Semarang Hevereaita Gunaryanti Rahayu mengatakan lahan persawahan di wilayah Kecamatan Gunung Pati dan Mijen akan dikembangkan hingga ke depan dapat menjadi sentra produksi beras unggulan.

Menurutnya, pengembangan varietas beras unggulan itu diharapkan ke depannya bakal memiliki nilai jual tinggi dan mampu mensejahterakan para petani di kedua wilayah itu.

“Kami siapkan daerah Gunungpati dan Mijen yang masuk wilayah Kota Semarang menjadi penghasil beras premium, sehingga kualitas dan harganya bisa bersaing dengan produksi daerah lain, sekaligus mampu membendung beras impor,” ujarnya.

Sebelum merealisasikan pengembangan lahan persawahan, lanjutnya, pemkot akan menambah wawasan dengan studi banding pada pengembangan varietas beras unggulan diterpkan di Kabupaten Demak.

“Saya sengaja ke daerah Demak bersama Kepala Dinas Pertanian untuk menimba ilmu tetang pengembangan lahan sawah yang mampu menghasil padi unggulan,” ujarnya di Demak, Jumat (22/7).

Dia menuturkan Pemkot akan  bekerja sama dengan kelompok tani Sri Rahayu Demak untuk mengembangkan sentra beras di Semarang.

Teknik pengembangan varietas padi unggulan yang menghasilkan beras premium akan dipelajari dan kelompok tani tersebut juga sudah bersedia siap membantu pengembangan beras di Semarang.

“Sudah disampaikan oleh penasihat kelompok tani, mereka siap mengembangkan beras di Semarang. Ya, mungkin namanya bisa berbeda, misalnya varietas ‘Semarang Hebat’ atau nama lainnya,” tuturnya.

Kualitas beras, dia menambahkan yang dikembangkan petani Demak itu, tidak kalah dengan beras-beras unggulan dari daerah lain dan beras impor, di antaranya beras Jepang, beras hitam, dan beras merah. (RS)

290
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>