Sebarkan berita ini:

Processed with VSCO

SEMARANG [SemarangPedia] – Di Kota Semarang kini bermunculan kuliner beraneka ragam masakan. Memang tidak bisa dipungkiri ibukota Jateng ini memiliki segudang macam makanan yang unik dan lezat.

Tidak mengherankan, jika di setiap persimpangan, pinggiran, bahkan di ujung Kota ini semakin banyak dijumpai aneka kuliner yang mengiurkan lidah.

Kali ini SemarangPedia.com  memberikan rekomendasi dan sekaligus mencicipi menu olahan ikan. Ikan air tawar jenis belut dan lele yang diolah dengan masakan sangat lezat.

Mendengar dan melihatnya mungkin menggelikan, namun jangan salah kandungan gizinya cukup banyak. Apalagi jika sudah diolah, rasanya tiada tara.

Di kawasan Jalan Soekarno- Hatta, sebelum SPBU dekat perempatan Tlogosari terdapat ada rumah makan yang menyajikan olahan utama belut dan lele yang nikmat.

Nama warungnya “Nyamleng”. Selintas memang tidak mengambarkan warung makan belut. Namun, jika sudah masuk dan melihat menunya pasti menggugah selera.

Warung yang telah buka sejak 1998 ini memang memiliki pelanggan fanatik. Menjelang jam makan siang khususnya, RM makan ini tidak pernah sepi di singgahi pengunjung. Bahkan tidak hanya anak – anak, guru dan pegawai kantoran merasakan olahan belut dan lele-nya.

Processed with VSCO

Hadi (44) pemilik dan peracik olahan lele dan belut Nyamleng, bersama istrinya Mutmainah mengolah racikan bumbu lele sedemikian rupa, sehingga citarasa belut dan lelenya

Yang berbeda dari belut dan lele buatan Hadi ini adalah penyajiannya. Biasanya RM lain menyajikan olahan belut dan lele goreng utuh satu badan, namun di RM Nyamleng tidak demikian.

“Lele dan belut saya bersihkan dari tulang dan kotoran di dalamnya, lalu dibilas, diberi bumbu trus di goreng. Khusus belut, saya potong seukuran “Jari jempol”, kemudian diberi bumbu rempah dan tepung, goreng,” ujarnya kepada SemarangPedia.com.

Menurutnya, ukuran belut dan lele-nya terbilang cukup besar berbeda dengan RM lainya. Saat memakannya daging belut khusunya dan lele-nya renyah dan kriuk sekali. Ditambah lagi lalapan dan sambal cocolnya yang pedasnya membuat mulut bergetar.

Processed with VSCO

Untuk harga, Warung Nyamleng ini cukup terjangkau. Seporsi belutnya, dibandrol Rp20.000. Lele-nya Rp18.000 per porsi. Bagi penikmat bebek dan ayam, Warung Nyamleng juga menyediakan di mana dihargai Rp22.000  dan Rp17.000 seporsinnya.

Jika ingin mencicipnya datang ke warungnnya yang buka setiap hari dari pukul 11.00 WIB sampai 21.00 WIB, khusus Minggu pukul 15.00 WIB. Untuk hari-hari besar warung Nyamleng tutup.

Namun, tuturnya, jika hari Minggu warung Nyamleng mulai buka sore hari pukul 15.00 WIB  hingga malam. (RS)

529
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>