Sebarkan berita ini:

PrintSEMARANG[SemarangPedia] – Kejaksaan Tinggi Jateng masih terus mengejar buronan pelaku lain dalam kasus pemalsuan merk pisau serut milik PT Inax International Cpporation (IIC) yang melibatkan Direktur CV Kurnia Sigit Soegiarto.

Menurut Assisten Intelijen Kejati Jawa Tengah Jacob Hendrik P, fdalam kasus itu tidak ada unsur kadaluarsa atas keberhasilan Kejaksaan Negeri (Kejari) Semarang menangkap buronan Sigit Soegiarto.

“Terpidana yang sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), jelas tidak ada masa kadaluarsa. Kalau dikaitkan pasal 78 tidak ada itu, buka KUHP secara jelas, karena pasal 78 itu menyangkut kadaluarsanya tindak pidana bukan masalah DPO,” ujarnya, Rabu (24/8).

Dia memastikan, seorang DPO jelas tidak ada masa kadaluarsanya, sehingga perkara seseorang terdakwa sudah berkekuatan hukum tetap, maka sampai kapanpun bisa dieksekusi.

“Kecuali orang itu mati, perkaranya tidak bisa digantikan. Untuk permasalahan eksekusi penjara, jaksa sebagai eksekutor tidak memiliki masa kadaluarsa, sekalipun sipelaku sudah buron 12 tahun,” tandasnya. (RS)

118
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>