Sebarkan berita ini:

9-kirab-liong-1SEMARANG[SemarangPedia] – Kelenteng Kwan Sing Bio selenggarakan kirab Budaya Kwan Sing Bio untuk memperingati HUT Ke-12 berdirinya kelenteng yang berlokasi di Jalan tanggul Mas Raya Komplek tanah Mas Semaran itu.

Kirab yang digelar oleh pengurus Kelenteng Kwan Sing Bio, Minggu (9/10) berlangsung meriah yang dimulai dengan Kesempurnaan Namo Cia Lan Phu Sa mulai pukul 9.25 WIB berjalan menelusuri Jalan Tanggul Mas Raya – Jalan Kalimas, Jalam Taman Hasanudin dan kembali lagi ke Tanggul Mas Raya.

Prajito Ketua Pembina Yayasan Tri Setia Bakti Kelenteng Kwan Sing Bio mengatakan Kirab Budaya Kwan Sing Bio merupakan bentuk ritual wisata dimana ritual dalam benduk doa dipanjatkan sekaligus wisata berupa kirab didapatkan.

“Kirab kali ini kut berpartisipasi sejumlah simpatisan umat dari kelompok Naga Sakti, kelompok Barongsai Hoo Hap Singa Sakti, pembawa rumah Dewa dari Semarang dan Jepara serta pembawa pusaka dari umat Semarang,” ujarnya kepada semarangpedia.com, Minggu (9/10)

Menurutnya, kirab itu, memiliki tujuan untuk tolak balak, dimana senantiasa diberikan keselamatan sekaligus dilindungi segala bencana khususnya untuk Kota Semarang.

9-kirab-liong“Penyelenggaraan pertama untuk 12 tahun ini, dimana mengambil tahun ini karena termasuk satu kali putaran Sio, dimana tahunnya bagus dan perayaan kedepannya telah diputuskan selama sembilan tahun sekali,” tuturnya.

Dalam ritual itu dia mengharapkan agar semua warga Indonesia, khusunnya Kota Semarang selalu diberi keselamatan, kesehatan serta kesuksesan.

Acara kirab juga menampilkan sejumlah pernak pernik khas Tionghoa dan sekaligus dipadu dengan tradisi Jawa. Mulai atraksi Naga Terbang dengan Tiga corak, emas, hijau dan hitam yang dibawakan oleh para simpatisan .

Selain itu, juga ditampilkan aksi barongsai beserta tetabuhan dengan membuat jalan yang dilintasi kirab semakin dipadati berkerumunya para warga sekitar yang menyaksikan.(RS)

 

383
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>