Sebarkan berita ini:

Processed with VSCO

SEMARANG[SemarangPedia] – Mendengar Gulai Bustaman, memang tidak asing lagi di telinga warga Semarang, meski banyak warung gulai menggunakan nama Bustaman  di berbagai kawasan di Kota Semarang.

Saking otentiknya nama Bustaman, hampir di setiap sudut Kota Semarang semakin bertebaran warung gulai bernamakan Bustaman yang disajikan warga kampung Bustaman secara turun menurun.

Bagi masyarakat Semarang ataupun pecinta kuliner pasti akan menunjuk salah satu kedai gulai Bustaman paling terkenal yang berada di kawasanm Kota Lama. Kedai tenda tersebut bernama Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar.

Bertempat di belakang Gereja Blenduk, Gulai Bustaman yang merupakan makanan khas Semarang ini tidak lepas dari sejarah yang melatar belakangi. Singaktnya, Bustaman  merupakan nama kampung di Jln MT Haryono yang dahulu terkenal sebagai tempat pengolahan dan pemotongan hewan, khususnya kambing.

Processed with VSCO

Hampir sebagian warganya hidup dari mengolah daging kambing. Dari situlah muncul berbagai penjual yang menjajakan olahan daging kambing. Meski banyak bertebaran kedai gulai, namun Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar memang berbeda dari tempat lain. Jika biasanya gulai disajikan dengan kuah santan, di tempat ini bumbu serundenglah yang dijadikan minyak sebagai penganti santan.

“ Kelapa di parut, kemudian dari parutan tersebut digoreng sangrai tanpa minyak, selanjutnya di tumbuk dengan campuran rempah, seperti kayu manis, cengkeh sampai keluar minyaknya”, tutur  Khoiri Hidayat, penjual Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar.

Menurutnya, selain bumbu serundeng sebagai penganti santan, pengolahan daging kambingnya dilakukan berdasarkan resep turun temuran yang menjadikan cita rasa daging gulainya tetap terjaga dan empuk saat dikunyah di mulut. (RS)

 

561
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>