Sebarkan berita ini:

20-sanitasiSEMARANG [SemarangPedia] – Warga di Kelurahan Banjardowo Genuk Kota Semarang mendeklarasikan stop buang air besar (BAB) di sembarang tempat, sebagai upaya untuk mewujudkan wilayah itu dari pengamplikasian progam Pamsimas di Jateng sebagai perilaku hidup bersih dan sehat.

Deklararasi itu dilakukan bersama terdiri Lurah Banjardowo ,Suparman, Ketua Badan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPSAM),  Rustamaji dan Ketua Tim Verifikasi Open Defection Free (ODF) Yuni Kurniasih beserta Perwakilan RT dan RW dan warga se-Kelurahan Banjardowo,  di Halaman Masjid Iktikaf Ar-Rosyid Banjardowo Genuk, Rabu (19/10)

Kampanye yang dilakukan tersebut menjadi wujud nyata Kelurahan Banjardowo Genuk Semarang dari pengaplikasian Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Jawa Tengah akan perilaku hidup bersih dan sehat dalam penganan buang air besar.

Lurah Banjardowo Suparman mengatakan dengan dinyatakan bebas buang air besar di sembarang tempat di wilayah Banjardowo Genuk Semarang mampu menjadikan  sanitasi berjalan dengan lancar

“Tidak dipungkiri wilayah kami cukup rentan banjir dan rob, namun aksi ini menjawab tantangan Pamsimas akan penyediaan air minum dan sanitasi di wilayah pedesaan di Kelurahan Banjardowo Genuk Kota Semarang dan itu telah dibuktikan,” ujarnya seperti yang dilansir dari portal beritasemarang.

Sementara Ketua Tim Verifikasi ODF Yuni Kurniasih dari Dinas Kesehatan Kota Semarang pihaknya lebih menyorti akan persoalan pengoptimalan selokan dan penangan sampah diwilayah Banjardowo.

“Deklarasai bebas buang air besar tetap dipertahankan dan diharapkan warga tetap menjaga kepedulian dan kesadaran, selain BAB juga penaganan sampah dan selokan agar kesehatan terjaga,” tuturnya. (RS)

331
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>