Sebarkan berita ini:

11-Kemacaten Tol Brebes1SEMARANG[SemarangPedia] – Kemacetan kendaraan arus mudik yang semakin parah terjadi di exit tol Brebes Timur (Brexit) beberaopa waktu lalu menjelang Lebaran, diakibatkan adanya pengurangan jumlah gerbang tol .

Kepala Cabang Jalan Tol Kanci Pejagan Pemalang  Zulmarlyan Iskandar mengatakan di gerbang tol Palimanan, gardu yang difungsikan sebanyak 23 gardu, sedangkan di Brexit, gardu tol yang semula hanya tiga gardu meski sudah dimaksimalkan menjadi delapan gardu tetap tidak mamapu mengatasi kemacetan.

Kondisi itu, lanjutnya, diperparah dengan kemacetan di akses keluar yang hanya berjarak 1,7 kilometer dari gerbang tol Brexit dan dari Pejagan (wilayah Jawa Barat) pun sudah ada anteran kendaraan pemudik sepanjang 30 kilometer.

“Karena posisi tersebut, kami tidak bisa melakukan percepatan transaksi (pembayaran tol). Padahal kami juga sudah melakukan jemput bola transaksi supaya waktu koreksi lebih cepat dengan bantuan 67 orang putra daerah. Namun, ternyata sudah ada antrean lagi di belakangnya. Jadi, efektivitasnya masih kurang,” paparnya saat Rapat Koordinasi Evaluasi Mudik Lebaran 2016, di Ruang Rapat Gedung A Lantai II Kantor Gubernur Jawa Tengah, Rabu (13/7).

Di sisi lain, dia menambahkan sebanyak tiga rest area di jalan tol tersebut juga sudah difungsikan yakni pada kilometer 207, 228, dan 252. Khusus pada kilometer 228 yang menjadi kewenangannya, masih kurang lengkap karena belum ada fasilitas SPBU untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM).

Menurutnya, pada Lebaran 2017, kemungkinan jalan tol seksi III ruas Brebes Timur-Tegal masih sulit terealisasi, mengingat pembebasan lahan hingga kini masih kurang dari 5%. Sementara, untuk seksi IV, ruas Tegal Pemalang, saat ini sudah memasuki tahap pembangunan konstruksi.

Zulmarlyan mengharapkan bantuan pemerintah untuk membantu percepatan pembebasan lahan pada seksi III. Jika pembebasan lahan sudah bisa dilakukan setidaknya sampai Slawi kepadatan lalu lintas dapat dipecah. (RS)

86
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>