Sebarkan berita ini:

11-Tiket Bus12SEMARANG[SemarangPedia]-Kemacetan kendaraan arus mudik beberapa hari lalu menjelang Lebaran yang semakin parah terjadi di jalur keluar Tol Brebes Timur, kini berdampak pada menurunnya penjualan tiket sejumlah bus antara kota terutama jurusan Jakarta, Bandung dan Bogor dari beberapa kota di Jateng.

Bahkan hingga pada H+4 setelah lebaran, penjualan pesanan tiket ke arah Jakarta belum ada satupun yang terjual.

Hal ini jauh berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, pada libur lebaran 2016 ini penjualan tiket bus antar kota ataupun antar provinsi justru mengalami penurunan cukup tajam. Pada empat hari setelah lebaran yang biasanya calon penumpang sudah memenuhi setiap agen bus di Kota Semarang ini sepi.

Menurut Sutiana salah satu pengelola agen tiket bus,  lesunya penjualan tiket bus ini tidak lain karena imbas kemacetan yang sangat panjang di jalur Tol Brebes Timur  saat mudik menjelang Lebaran lalu, sehingga para calon penumpang enggan memilih modal transportasi bus.

Selain faktor kemacetan, lanjutnya, banyaknya program mudik gratis juga berpengaruh terhadap penjualan tiket bus khususnya ke arah Jakarta.

“Pada rus balik tahun ini penjualan tiket merosot tajam mencapai 75%, berbeda di banding 2015 penjualan tiket bus habis terjual mulai H+1 hingga H+9 setelah lebaran. Tahun ini dari jumlah tempat duduk sebanyak 55 orang, kurang dari separuhnya saja yang bisa laku terjual,” ujarnya

Pada lebaran tahun ini, lanjutnya, kenaikan harga tiket bus tidak lebih dari 10% di banding hari biasanya,  namun hal tersebut juga tidak mampu mendongrak penjualan tiket.

Kondisi itu, dia menambahkan para pemilik agen meminta agar pemerintah lebih tanggap dalam penyelenggaraan program mudik, sehingga tidak merugikan satu pihak seperti agen – agen tiket bus ini. (HN/RS)

 

125
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>