Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Kementerian Pariwisata berupaya menerapkan strategi untuk ikut menggarap potensi pasar wisata yang menjanjikan, khususnya menarik kunjungan wisatawan dari aktivitas Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions ( MICE) tingkat Asean.

Pasar wisatawan Mice tingkat Asean semakin menjanjikan dan merupakan potensi yang dapat digarap kalangan pelaku industri pariwisata Indonesia, seiring dengan pertumbuhan perhotelan dan obyek wisata semakin meningkat.

Potensi pasar wisata Mice dapat terlihat dari data ASEAN Tourism Forum (ATF) 2017 yang menyebutkan wisatawan mancana negara (Wisman) di Asean tercatat 43% ternyata berasal dari negara ASEAN, dan 36%  dari near Asia, seperti Tiongkok, Jepang, Korea, Hong Kong, Taiwan, India serta lainnya.

Bahkan Menteri Pariwisata Arief Yahya akan terus mendorong para pelaku industri pariwisata dalam negeri untuk ikut menarin kunjungan wiatawan asing, baik melalui berbagai kegiatan, terasuk Mice.

Dorongan itu diberikan saat Rakernas Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia ( ASPERAPI ) di Hotel Hakaya Plaza Balikpapan, Kalimantan Timur 16–19 Februari 2017 dan pada HUT ASPERAPI di Pulau Derawan, Kalimantan Timur, 17 Februari 2017.

“Kalau ingin mewujudkan kunjungan wisman bisa mencapai target 20 juta pada 2019, semua lini harus digarap bersama dengan strategi yang lebih baik, termasuk MICE,” ujar  Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuti, Kamis .(16/2)

Menurutnya, MICE memiliki potensi cukup besar untuk menarik kunjungan wisman dalam jumlah banyak. Bahan inilah wisata man made unggulan Singapura.

Impact-nya, lanjutnya,  terhadap ekonomi dan promosi sangat besar, bahkan diketahui satu orang turis yang ikut MICE ke suatu negara bisa menghabiskan uang sebanyak US$ 1.200 selama tiga hari.

“Ini peluang yang harus digenjot habis, ada economic value yang besar. Singapura bisa besar seperti sekarang salah satunya ya karena mampu menggarap wisatawan MICE,” tuturnya

90
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>