Sebarkan berita ini:

PIDIE ACEH[SemarangPedia] – Kementrian Sosial telah menyelesaikan santunan bagi 103 jiwa yang meninggal dunia, akibat gempa Aceh yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Bagi korban meninggal, santunan diberikan sebesar Rp15 juta kepada ahli waris. Semua telah diselesaikan,” ujar Menteri Sosial (Mensos) Khofifah dalam siaran persnya yang diterima semerangpedia.com, Kamis. (15/12)

Menurut Khopfifah, pihaknya telah memberikan santunan sebesar Rp 5 juta 
kepada 168 luka berat dan membantu pengobatan 600 orang luka ringan.

Dana santunan, lanjutnya, bagi korban luka berat diserahkan langsung kepada para korban di Rumah Sakit dan tempat pengungsian di wilayah gempa Aceh.

Kementrian Sosial juga akan menyalurkan bantuan hidup sebesar Rp10.000 selama 90 hari per jiwa. ” Bantuan ini akan diberikan setelah masa tanggap darurat dinyatakan selesai,” tuturnya.

Disela-sela kunjungannya di daerah terdampak bencana, khofifah juga melakukan pencairan dana Program Keluarga Harapan (PKH) bagi warga Kabupaten Pidie, Aceh.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Harry Hikmat menambahkan jumlah penerima PKH di Kabupaten Pidie sebanyak 15.223 keluarga dengan total bantuan senilai Rp 22.456.930.000.

“Para penerima bantuan sosial PKH bersama para pendamping dan operator PKH di tujuh kota/kabupaten di Aceh menggalang solidaritas sosial untuk membantu korban gempa bumi pada Rabu, 7 Desember lalu,” ujarnya.

Melihat kondisi itu, Mensos Khofifah mengatakan inisiatif para penerima PKH serta tim pendamping dan operator PKH ini merupakan langkah yang sangat positif dan patut dicontoh.

“Di tengah-tengah keprihatinan karena musibah gempa, para penerima PKH berempati terhadap saudara-saudaranya yang tertimpa musibah. Ini adalah keteladanan bagi kita semua,” kata Khofifah. (RS)

74
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>