Sebarkan berita ini:

7-Bak TerbukaUNGARAN[SemarangPedia] – Polres Semarang meminta kendaraan pick up (bak terbuka) tidak digunakan untuk mengangkut warga pada kegiatan takbiran keliling malam Idul Adha 2016. Selain melanggar aturan,  juga berpotensi menimbulkan kecelakaan seperti kasus kejadian di Batang, yang menewaskan beberapa penumpang belum lama ini.

“Silahkan masyarakat takbir keliling tapi lakukan secara tertib dan tidak membahayakan. Jangan menggunakan  pick up mengangkut warga keliling desa, karena membahayakan jika terjadi sesuatu pada kendaraan tersebut,” ujar Kapolres Semarang AKBP V Thirdy Hadmiarso, dalam rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka pengamanan Idhul Adha di Ungaran, Rabu (7/9).

Selain itu, dia meminta masyarakat yang akan melakukan kegiatan takbir keliling dengan arak-arakan tidak masuk di jalan raya yang dipastikan pada saat bersamaan terjadi kepadatan lalu lintas .

“Kami juga minta arak-arakan tidak masuk ke jalan raya. Ini semua untuk kenyamanan dan keamanan warga yang akan takbir keliling maupun pengguna jalan lain,” tuturnya.

Terkait pengamanan, pihaknya menyatakan kesiapannya melaksanakan pengamanan selama perayaan Idul Adha. Bahkan menjelang hari raya kurban, jajarannya akan melaksanakan gelar pasukan dalam melaksanakan pengamanan tersebut.

“Gelar pasukan  akan diselenggarakan Kamis (8/9) pagi dalam rangka pengamanan Idul Adha. Baru kali ini dilaksanakan, menindaklanjuti instruksi kapolda,” tuturnya.

Menurutnya, kendaraan pick up digunakan untuk menunjang aktivitas warga pedesaan, bukan untuk mengangkut warga, meski di pelosok pedesaan masih ada yang nekad untuk mengangkut penumpang.

Kondisi itu, dia menambahkan tidak bisa dihindari lantaran minimnya moda transportasi pedesaan maupun di wilayah pelosok Kabupaten Semarang, sehingga pick up menjadi alternatif solusi masyarakat.

Dengan demikian, persoalan tersebut akan dikoordinasikan dengan Pemkab Semarang agar ada pelayanan angkutan umum hingga ke berbagai pedesaan di kabupaten ini. (RS)

132
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>