Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Ketua Umum Majlis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Tengah (MUI Jateng) KH Dr Ahmad Darodji MSi akan memimpin Gema Takbir pada malam hari raya Idul Fitri 1440 H di masjid raya Baiturrahman Jawa Tengah, Selasa (4/6) besok.

Ketua Takmir Masjid Raya Baiturrahman Jateng KH Drs Multazam Ahmad MA mengatakan gema takbir akan diikuti umat Islam di Kota Semarang, waktunya setelah sholat isyak berjamaah.

“Gema takbir pada malam idul Fitri besok Selasa (4/6)  dan sholat Id di lapangan Pancasila Simpanglima pada 1 Syawal  (5/6) merupakan rangkaian akhir kegiatan ramadlan masjid raya Baiturrahman Jateng,” ujar kyai Multazam disela memantau aktifitas Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Baiturrahman Semarang, Senin (3/6).

Menurutnya, umat Islam yang akan mengikuti gema takbir diharapkan sudah berada di masjid sebelum masuk waktu sholat isyak tiba, selanjutnya mengikuti sholat isyak berjamaah .

Sebelum takbir dikumandangkan,  lanjutnya,  akan diawali pemukulan bedug oleh Ketum MUI Jateng dan pembagian zakat fitrah kepada para mustahiq oleh Sekda Jateng, Dr Ir Sri Puryono Karto Soedarmo MP di aula masjid.

Dia menambahkan hingga Senin siang (3/6) jumlah beras zakat fitrah dari masyarakat yang dikumpulkan UPZ Masjid Raya  Baiturrahman Jateng sudah mencapai 13 ton dan diprediksi jumlahnya akan terus bertambah.

Karena, tuturnya, hingga Senin petang para Muzakki masih berdatangan untuk menyerahkan zakatnya ke UPZ di aula masjid. Zakat fitrah yang diserahkan berupa beras sebanyak 2,5 kg untuk setiap orang, tetapi ada yang menyerahkan berupa uang setara dengan harga beras 2,5 kg senilai Rp30.000 per  orang untuk dibelanjakan beras.

Prosesi yang ditempuh para Muzakki yang berfitrah melalui UPZ Masjid Raya Baiturahman diawali dengan mengisi formulir yang dilanjutkan dengan membaca niyat menyerahkan zakat fitrah dan disusul  pembacaan doa yang dipandu petugas UPZ.

“Beras – beras itulah yang nanti pada saat malam idul Fitri dibagaikan kepada mereka yang berhak menerimanya,” tuturnya. (SMH/RS)

17
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>