Sebarkan berita ini:

SEMARAProcessed with VSCONG [SemarangPedia] – Pagelaran wayang kulit dengan lakon “Dursasana Gugur” yang digelar oleh Teater Lingkar, bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, di Taman Budaya Raden Saleh, Kamis malam (23/6).

Pagelaran wayang yang menginjak ke 248 itu menampilkan dalang Ki Joko Santoso. Dalang asal solo yang didaulat sebagai pemandu pewayangan, menyajikan atraksi pewayangan yang membuat penonton terpukau.

Antusias penonton yang tidak hanya orang tua yang mendominasi, tetapi anak – anak dan remaja pun juga ikut menikmati setiap alur cerita pewayangan yang disuguhkan.

Pada pegelaran wayang ini, Pembina Teater Lingkar Mas Ton menjelaskan, lakon pewayangan menceritakan Bima yang ingin menuntaskan sumpah yang disampaikan kepada ibunya untuk tidak akan pernah keramas jika tidak menggunakan darah dari Dursasana. “Ungkapan dari Bima tadi dibuktikan dengan peristiwa dipermalukannya Drupadi di depan para kasewatan agung oleh Dursasana yang membuat Kelima pandawa terutama Bima murka. Dan singkat cerita, akhirnya terwujudlah sumpah Bima,” jelasnya.

Filosofi yang didapatkan dari lakon Dursasana Gugur adalah berjuang diatas kebenaran dan kejujuran dari ketertindasan.

Lakon ini, pihaknya mengambarkan kejahatan dan keangkaramurkaan dari sosok manusia yang harus dibenteng dan dihindari khusunya pada bulan ramadhan saat ini.

Pemetasan wayang yang dipertunjukan dikemas apik dan dramatik dengan cerita yang ditampilkannya aktual sesuai situasi saat ini dengan bahasa yang mudah dipahami. Berapa dagelan disuguhkan oleh dalang yang membuat pononton terhibur.

“Saya berharap dengan pementasan ini khususnya anak anak muda, semakin merasa memiliki jagat pewayangan. Karena itu adalah kodrat diri yang tertanam di diri dan budaya kita” pungkasnya.

212
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>