Sebarkan berita ini:

25-KIKSEMARANG[SemarangPedia] – PT Kawasan Industri Kendal (KIK) kini semakin gencar menarik sejumlah investor, hingga akhir tahun ini ditargetkan sebanyak 20 pemodal baik asing maupun domestik siap mendirikan industri berbagai sektor di KIK.

Direktur PT Kawasan Industri Kendal (KIK) Hyanto Wihadhi mengatakan periode Agustus ini sudah 16 investor menyatakan siap membangun pabrik di KIK dan ditargetkan bertambah  menjadi 20 investor hingga akhir 2016.

Sebanyak 16 perusahaan, lanjutnya, yang bergerak di berbagai bidang telah menanamkan modalnya di KIK dan dipastikan bakal menyerap sekitar 3.000 tenaga kerja.

“Perusahaan akan lebih berkonsentrasi secepat mungkin untuk menarik investor asing maupun lokal berinvestasi di Kendal. Itu yang paling penting karena untuk penyerapan tenaga kerja,” ujarnya, di Semarang.

Dari 16 perusahaan, lanjutnya, tiga di antaranya sudah tahap pembanmgunan konstruksi, bahkan salah satunya siap beroperasi mulai 25 Agustus 2016. Perusahaan tersebut berasal dari Jepang, Malaysia, dan Singapura dengan nilai investasi kurang lebih Rp3,2 triliun.

“Perusahaan itu, bergerak di berbagai bidang usaha, termasuk furniture, interior khusus hotel dan kapal pesiar,” tuturnya.

Menurutnya, lahan 1.000 hektare (ha) yang disiapkan di kawasan industri itu pada tahap satu digunakan 300 perusahaan, serta usaha skala kecil dan diperkirakan akan mampu menyerap hingga 500.000 tenaga kerja.

“Dalam upaya pemenuhan sumber daya manusia (SDM) berkualitas, KIK berkoordinasi dengan Pemkab Kendal dan Pemprov Jateng terkait optimalisasi Balai Latihan Kerja (BLK), sebagai sarana mengasah keahlian para calon tenaga kerja,” ujarnya.

Ke depan, dia menambahkan kawasan industri ini akan dipadukan dengan pembangunan Kendal Fashion City, Smart City, serta di bagian utara digagas adanya beragam produk batik nusantara. (RS)

178
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>