Sebarkan berita ini:

KOMISI D SIDAK UNSEMARANG [SemarangPedia] – Komisi D ( Bidang Kesejahteraan Sosial, Pendidikan, Kesehatan dan sosial ) DPRD Kota Semarang  melakukan sidak pelaksanaan Ujian Nasional (UN) hari pertama di beberapa sekolah menengah atas di kota semarang.

Selain melakukan pantauan di sekolah yang melaksanakan UN secara manual atau Paper Base Test (PBT), rombongan  juga meninjau UN disekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Rombongan yang dipimpin Ketua Komisi D DPRD Kota Semarang  Laser Narindro  langsung menuju ke SMA Negeri 10, SMK Palebon dilanjutkan ke MAN 2 dan SMK 2 Semarang.

“Pelaksanaan UN dikota Semarang telihat berjalan lancar dan tanpa kendala berarti”, ujar Laser di sela Sidak UN, Senin. (4/4)

Dia menambahkan meski tahun ini UN terdiri 2 metode UNBK dan PBT, namun, para siswa serta pihak penyelengara bisa beradaptasi dengan baik.

“Isu kebocoran soal ujian nasional biasanya mengemuka saat pelaksanaan UN, tahun ini juga praktis kondusif”, tuturnya.

Menurutnya, dari beberapa tinjuan  ke beberapa sekolah hampir semua siswa bisa mengikuti ujian nasional sesuai yang dijadwalkan, kecuali di SMK Palebon yang salah satu siswanya terpaksa harus menyusul karena sakit demam berdarah.

Sementara Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Semarang Edi Drajat mengatakan SMKN 2 merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan SNBK.

“UN tahun ini SMKN 2 Semarang menyediakan 7 ruang ujian dengan masing-masing ruangan terdapat 22 komputer untuk UN”, tuturnya.

Dia mengatakan kedepan pemerintah bisa mengusahakan ketersediaan  Uninterruptible Power Supply (UPS), guna mengantisipasi cadangan listrik yang dikhawatirkan bisa menjadi kendala saat pelaksanaan.

Dalam antisipasi cadangan listrik, untuk sementara pihak sekolah hanya mengandalkan persewaan genset yang anggarannya mencapai 1 juta hingga 2 juta rupiah per hari.

Dengan demikian, lanjutnya, pelaksanaan menggunakan berbasis komputer, dinilai lebih menghemat biaya dan oprasional karena tanpa melalui percetakan soal.

“Kami mengharapkan kegiatan UN SMA serta sederajat di Kota Semarang seluruhnya kedepan sudah bisa menggunakan UNBK”, kata Laser.(EB/ARI)

145
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>