Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPeda] – Komisi E DPRD Jawa Tengah meminta kalangan sekolahan yang akan menggelar ujian nasional tahun ini, untuk tidak memaksakan diri menerapkan sistem ujian nasional berbasis komputer (UNBK), mengingat masih banyak sejumlah kendala.

Anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah Muh Zen Adv meminta setiap sekolah untuk tidak memaksakan diri menggunakan sistem UNBK.

Menurutnya, sistem UNBK dapat diterapkan sekolah yang benar-benar sudah siap tanpa membebani orangtua siswa untuk biaya pengadaan komputer.

Karena pada 2017 ini, lanjutnya, ujian nasional dapat dilaksanakan dengan menggunakan dua sistem yakni  Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Kalau pihak sekolah  benar-benar tidak siap lebih baik tidak usah sistem UNBK. Contohnya, seperti SMAN 4 Semarang saja yang bagus, sampai membebani orang tua untuk menanggung biaya pengadaan komputer sampai Rp 800.000. Itu sekolah negeri, kalau sekolah swasta pasti lebih banyak lagi,” ujarnya, di Semarang.

Dia menambahkan ada sejumlah sekolah merasa siap melaksanakan UNBK, namun dalam realitanya  tidak siap. Dicontohkan di Tegal, ada SMA yang cukup bagus mengaku siap melaksanakan UNBK tapi dengan syarat pemerintah harus memberikan komputer.

“Itu sama saja tidak siap melaksanakan. Tidak boleh ada target Provinsi Jateng 90% UNBK tapi di lapangan kocar kacir,” tuturnya.

Bagi yang menggelar UNBK, dia berharap agar ada  koordinasi yang lebih intens antara sekolah dan pemerintah.

“Koordinasi itu sangat perlu, mengingat pelaksanaan UN tahun lalu, dari hasil evaluasi Komisi E DPRD Jateng di beberapa daerah, masih ditemukan banyak persoalan di lapangan. Mulai dari permasalahan listrik padam, komputer tidak berfungsi, hingga pengawasan,” paparnya. (RS)

 

 

 

59
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>