Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Dewan Pendidikan Kota Semarang (DPKS) mendorong komite sekolah agar mengingkatkan kepala sekolah yang melupakan dan tidak merealisasikan  program upacara bendera.

Ketua DPKS Dr Drs Budiyanto SH MHum mengatakan saat ini di daerah lain ada pihak – pihak yang melupakan program upacara bendera, hal seperti ini jangan sampai terjadi di Semarang. Oleh karena itu, komite sekolah harus lebih jeli dalam menjalankan fungsi kontrol dan supportnya terhadap satuan pendidikan .

“Satuan pendidikan harus didorong agar program upacara bendera  dimasukkan dalam program tetap setiap sekolahan,” ujar Budiyanto dalam diskusi Penguatan Eksistensi Komite Sekolah di Lingkungan Satuan Pendidikan di aula SD Peterongan Semarang, Rabu (18/9).

Kegiatan ini diselenggarakan Dewan Pendidikan Kota Semarang yang diikuti pengurus Komite Sekolah di wilayah Kecamatan Semarang Selatan, Gajahmungkur, Candisari dan Gayamsari .

Menurutnya, upacara bendera yang digelar setiap hari Senin di tiap-tiap satuan pendidikan memiliki makna penting dan besar dalam penanaman nilai-nilai nasionalisme di kalangan peserta didik, terutama di tingkat dasar.

Kegiatan upacara bendera, lanjutnya, selain menanamkan rasa cinta air sekaligus menanamkan nilai-nilai religius, karena mencintai tanah air itu juga bagian dari pengamalan nilai-nilai agama.

Dia menambahkan program peningkatan kualitas pendidikan jangan berhenti pada upaya-upaya penyiapan generasi yang cerdas saja tetapi juga harus diikuti dengan upaya-upaya pembentukan karakter sejak dini.

Upaya itu, tutur Budiyanto, pada titik akhir hasil yang dicapai dari seluruh upaya peningkatan kualitas pendidikan akan terlahir generasi yang cerdas, relegius dan berkarakter.

“Satuan pendidikan harus dikawal oleh Komite Sekolah dalam upaya mewujudkan harapan yang lebih baik kedepan,” tuturnya. (SMH/RS)

9
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>