Sebarkan berita ini:

5-SDMSEMARANG[SemarangPedia] – Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni merupakan kunci keberhasilan dalam memenangkan persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah diberlakukan saat ini.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko mengatakan salah satu terobosan untuk menekan angka pengangguran diperlukan penyiapan tenaga kerja yang berkompeten.

Menurutnya, dengan memiliki tenaga kerja yang berkompeten, sudah dapat dipastikan bakal mudah diserap oleh sejumlah industri yang berdiri di Jawa Tengah.

“Di Kabupaten Boyolali misalnya,  terdapat industri tekstil baru yang selesai dibangun. Namun, hingga kini masih kekurangan tenaga kerja. Sedangkan pengangguran tercatat masih banyak. Ketika lapangan kerja terbuka, tidak serta merta bisa dipenuhi tenaga kerja, karena kompetensi SDM-nya kurang memenuhi mpersyaratan,” ujarnya saat menghadiri Welcome Dinner Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara (Asian) di lantai 1 Gedung Grhadhika Bhakti Praja Semarang, Kamis malam. (4/8)

Dia menuturkan upaya untuk meningkatkan kompetensi SDM, merupakan wujud nyata dari komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagai provinsi vokasi, di antaranya dengan mendorong melalui pendidikan formal dan menyelenggarakan berbagai pelatihan.

Selain tenaga kerja, lanjutnya, kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) juga senantiasa ditingkatkan untuk memberikan pelayan publik yang berkualitas kepada masyarakat.

“Di dalam undang-undang tentang pemerintahan daerah itu ada istilah urusan wajib dan pelayanan dasar. Saya lihat muara keduanya adalah pembangunan SDM kaitannya menghadapi persaingan MEA,” tuturnya.

Ketua Panitia Simposium Asian Hardi Warsono senada mengatakan ASN yang berkompeten akan mampu menciptakan inovasi-inovasi dalam pelayanan publik.

“Jawa Tengah juga memiliki inovasi yang kebetulan menang kompetisi inovasi, yaitu  Pangkalan Cari Izin Bagi Nelayan (Pacar Binal). Nelayan itu dulu kalau ngurus izin ke provinsi karena jaraknya jauh maka waktunya pun lama dan banyak calo. Sekarang pelayanan BPMD didekatkan ke daerah-daerah,” ujarnya. (RS)

105
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>