Sebarkan berita ini:

29-curamorSEMARANG[SemarangPedia] – Jeratan narkotika ternyata telah merambah di segala profesi. Bahkan barang haram tersebut, digunakan oleh para pencuri untuk mempertahankan stamina dalam melakukan pencurian sepeda motor di malam hari.

Setidaknya, sudah 500 motor berhasil digasak komplotan berjumlah tiga orang pencuri motor yang  juga pemakai dan pengedar narkotika jenis sabu dan ekstasi.

Para pelaku bernama Slamet Haryadi, (27) FS (21) dan Am alias Petruk (27), semuanya warga Mranggen, Demak. Ketiganya terpaksa ditembak oleh petugas, saat dilakukan penangkapan di kawasan Tlogosari, Semarang, usai melakukan aksi pencurian.

Tersangka Slamet Haryadi ditangkap hasil pengungkapan dari tersangka sebelumnya yakni SM alias Bagong yang sudah terlebih dahulu tertangkap. Sementara untuk dua tersangka FS dan AM alias Petruk ditangkap di daerah SPBU Pengaron.

Ketika digeledah, petugas mendapati barang bukti narkoba sepuluh paket, 35 butir ekstasi dari saku celana salah satu pelaku, dan uang tunai lima juta rupiah diduga uang hasil penjualan.

Slamet, salah satu pelaku mengaku sudah berhasil membawa lari sebanyak 500 motor dalam kurun waktu sembilan tahun. Bahkan untuk membawa lari motor hasil curian, pelaku hanya membutuhkan waktu lima menit.

“Sasarannya rumah dan tempat kos, sehari tiga motor dan sudah 500 motor yang berhasil dicuri sejak 2005 silam dan  untuk satu motor di jual Rp3,5 juta per unit, selain merupakan pesanan,” ujarnya.

Sementara itu, pelaku lain Petruk mengaku memasok sabu kepada para pelaku pencuri motor.

“Saya hanya menjual dan memasok untuk pelaku pencuri motor, semuannya teman satu kampung. Untuk satu sekali transaksi mendapatkan keuntungan Rp 50.000,” tuturnya.

29-curamor-1Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abiyoso Seno Aji mengatakan  komplotan pencuri, yang juga residivis pencuri sepeda motor ini telah menjadi target unit reserse mobil Polrestabes Semarang sejak lama.

Dalam menjalankan aksinya, dia menambahkan kelompok pencuri sepeda motor ini terlebih dahulu mengkonsumsi narkoba.

“Ketiga pelaku merupakan pencuri motor sekaligus pengguna dan pengedar narkotika, pengungkapan kasus ini berawal saat petugas melakukan penyelidikan untuk dikembangkan,  melihat kedua pelaku (AM dan FS)  di SPBU Pengaron saat di geledah didapati ekstasi dan sabu, mereka termasuk residivis,” ujarnya saat gelar perkara di Mapolrestabes Semarang, Selasa. (29/11).

Hasil pengungkapan dan pengembangan berhasil mengamankan 30 motor” ujarnya

Selain mengamankan tiga pelaku pencurian, petugas juga berhasil mengamankan sepuluh paket sabu, 35 butir esktasi, uang tunai sebesar Rp 5 juta, 30 unit sepeda motor dan satu unit mobil hasil pencurian, serta beberapa kunci.

Menurut Abiyoso Seno Aji, guna pengembangan lebih lanjut, petugas masih melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap tiga pelaku. (HN/RS)

182
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>