Sebarkan berita ini:

18-patung-hidupSEMARANG [SemarangPedia] – Pameran barang-barang kuno dan antik yang digelar di Festival Kota Lama Semarang memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjung, karena komunitas manusia batu ikut hadir meramaikan kegiatan itu.

Festival Kota Lama yang berlangsung mulai 16 sampai 18 September 2016 di Kota Lama Semarang itu, dikemas dengan thema ‘Kuno, Kini dan Nanti’ dengan menyajikan berbagai keunikan di anataranya kuliner,  musik, dan ragam seni rupa lainnya.’

Arena pun dibagi tiga sesuai thema arena Kuno, arena Kini dan arena Nanti. Di arena Kuno disajikan pameran barang-barang kuno dan antik. Bahkan hadir komunitas manusia batu yang lahir sejak april 2013 beranggotakan 10 orang.

Komunitas manusia batu itu, ternyata mampu menarik perhatian pengunjung yang terus berdatangan di kegiatan Festival Kota Lama baik dari mereka yang berasal dari Semarang maupun berbagai daerah.

Salah satu yang memberikan keunikan adalah antusiasme pengunjung yang memanfaatkan patung hidup berbapakaian kostum, tokoh prajurit maupun pahlawan jaman penjajahan Belanda sebagai objek berfoto.

Komunitas patung hidup itu mengisyaratkan kepada masyarakat pengunjung dengan memperkenalkan sejarah dan kebudayaan melalui gaya patung hidupnya agar tokoh – tokoh pahlawan tetap dikenang oleh generasi penerusnya hingga saat ini.

“Pada suatu waktu saya pernah dibuat sedih, saya menangis namun tidak mengeluarkan air mata, lantaran pernah bertanya kepada satu rombongan para siswa kapan hari pahlawan, sebagian besar tidak mengetahuinya,” ujarnya salah satu anggota Komunitas Batu itu.

Hal tersebut, lanjutnya,  mendorong komonitas batu bisa lebih mengenalkan dan mengetahui peran pahlawan kepada masyarakat terutama kalangan pelajar.

Pesan yang sangat menginspirasi dari kegiatan ini, supaya masyarakat lebih mengenal para tokoh pahlawan. (RS)

203
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>