Sebarkan berita ini:

3-nelayanSEMARANG[SemarangPedia] – Konflik nelayan Jepara dengan nelayan Rembang terkait dengan penggunaan alat tangkap ikan jaring long akhirnya bisa diselesaikan , setelah Komisi B DPRD Jateng memfasilitasi untuk mempertemukan dua kelompok nelayan itu dan mengundang pihak terkait lainnya, Senin. (3/10)

Anggota Komisi B DPRD Jateng Jateng Riyono mengatakan legislatif telah mengundang sejumlah pihak terkait untuk mencari solusi terbaik agar nelayan Rembang dan Jepara tidak berlarut-larut dalam konflik.

Menurutnya, setelah berdiskusi dan menerima berbagai masukan dari berbagai pihak akhirnya dapat terselesaikan konflik dengan menghasilkan sebuah kesepakatan damai.

“Kesepakatannya, nelayan dari Rembang boleh melaut ke perairan wilayah Jepara dengan batasan maksimal tidak boleh masuk ke empat mil. Batasan itu berada di wilayah Ujung Watu,” ujarnya di ruang Komisi B DPRD Jateng. Senin malam. (3/10)

Menurutnya, konflik antar nelayan muncul karena nelayan Rembang yang menjaring ikan di perairan Jepara, menggunakan jaring tuna long line yang sudah dimodifikasi, sehingga ikan yang ditangkap oleh nelayan Rembang ini tidak hanya ikan besar, tetapi juga ikan-ikan kecil.

3-nelayan-dpr“Sebenarnya sesuai dengan kajian balai besar ikan (BBI), jaring Rawai Tuna itu  ramah lingkungan dan boleh digunakan,” tuturnya.

Namun, lanjutnya, nelayan Rembang dalam menggunakan jaring tersebut telah dimodifikasi yang seharusnya jaring Rawai Tuna memiliki mata jaring sembilan inci, tetapi dimodifikasi menjadi tiga inci, sehingga ikan-ikan yang terjaring tidak hanya ikan besar, tetapi juga ikan-ikan kecil.

“Hal itu yang mengundang protes dari nelayan Jepara. Nelayan di daerah itu menganggap nelayan Rembang tidak mengindahkan kearifan lokal Jepara, karena telah memodifikasi jaring,” ujarnya. (RS)

286
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>