Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Kopertis Wilayah VI Jateng mengisyaratkan bagi 257 perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di wilayahnya segera meningkatkan akuntabilitas, dengan menerapkan sistem verifikasi pembuatan ijazah nasional melalui sistem online.

Koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng, Prof Dr Sugiharto MPd mengatakan ijazah melalui penomoran ijazah nasional (PIN) itu perlu segera diterapkan, sebagai upaya untuk menghindari pemalsuan ijazah.

“Kami minta 2019 semua PTS di Jateng sudah memberlakukan PIN itu, mengingat penerapan ini diwajibkan Kemenristek Dikti,” ujarnya, Senin(14/5).

PTS di Jateng. Lanjutnya, yang sudah menerapkan dengan sistem PIN tercatat masih 23 kampus dan tahun ini bakal disusul 151 PTS hingga menjadi 174 PTS.

“Penerapan PIN ini penting diperhatikan kepada semua pengelola atau yayasan kampus dan rektor. Jangan sampai hingga batas waktu 2019 tidak melaksanakan verifikasi ijazah lewat PIN,” tuturnya.

Menurutnya, perlu diketahui proses untuk mendapatkan dan menerapkan sistem verifikasi ijazah elektronik PIN ini, terdapat tujuh tahapan yang harus dilakukan semua PTS dan upayai yang tidak mudah, meski sudah diberi waktu dua tahun sejak 2017 serta gencar disosialisasikan.

Sementara berkaitan minat perguruan tinggi meningkatkan akredititasinya dari B ke A, juga perlu diperhatikan, karena kampus harus meningkatkan mutu utamanya adalah akreditasi. Ini indikator ketertarikan masyarakat untuk bisa kuliah di kampus yang mereka inginkan. (RS)

10
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>