Sebarkan berita ini:

11-Perbandingan korekSEMARANG[SemarangPedia] –  PT Tokai Dharma melalui kuasa hukumnya mengungkapkan adanya perbedaan mendasar yang terdapat pada korek api Tokai asli dan palsu, menyusul disitanya ribuan korek api oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jateng.

Kuasa Hukum PT Tokai Dharma Purnomo Suryomurcito mengatakan ada sejumlah perbedaan korek api Tokai yang asli diproduksi di Indonesia sejak 1988 dengan lokasi pabrik di Bogor, sedangkan yang palsu didatangkan dari China.

“Dari box saja sudah berbeda, ada warna yang lebih terang pada Tokai yang Asli, ujarnya seusai ikut menyaksikan pemusnahan terhadap ribuan korek Tokai palsu di Tembalang, Semarang, Rabu. (11/5)

Menurutnya, jika dilihat secara sekilas korek tokai palsu sangat mirip dengan yang asli, karena dibungkus dengan tempat yang sama, bahkan memiliki cap SNI yang terkesan lulus standar keamanan nasional.

Namun, lanjutnya, bila diperhatikan korek palsu, tulisan logo ada sedikit perbedaan, kemudian pada ring, kalo asli warna hitam, sedangkan yang palsu berwarna merah. Terlapor ini diketahui membelinya melaui impor dari China.

Dia mengatakan tampilan yang palsu terlihat kasar meski terdapat simbol SNI,  selain juga idak melalui standar keamanan produksi yang dimungkinkan justru membahayakan konsumen.

“Korek api tokai palsu cenderung tidak aman dan mudah meledak dibanding yang asli”, ujarnya

Korek api palsu dijual dengan harga hampir mendekati harga korek api asli, dan sengaja agar tidak menimbulkan kecurigaan dengan selisihnya tidak terpaut jauh.

Dengan beredarnya korek api palsu itu, aparat kepolisian menghimbau masyarakat berhati- hati dalam membeli sesuatu barang dan setiap barang wajib di periksa secara telitir agar tidak merugikan konsumen. (HN/RS)

184
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>