Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Kader PKK yang dinilai lebih peduli terhadap lingkungan sekitar akan digandeng Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah, untuk memantau dan mengawasi siaran, baik televisi (TV) maupun radio.

Komisioner KPID Jawa Tengah Dini Inayati mengatakan peran kader PKK sangat efektif dalam  memantau dan mengawasi siaran televisi maupun radio.

Selain itu, lanjutnya, kader PKK dinilai lebih peduli terhadap apa yang ada di sekitarnya, termasuk dalam menyikapi isi siaran.

“Kami akan membentuk agen pemantau siaran yang bisa mengawasi siaran televisi dan radio. Kami berharap PKK bisa membantu karena PKK MLM (multi level marketing) yang efektif,” ujarnya, di Semarang.

Dia mengakui berdasarkan Undang-undang Penyiaran yang ada sekarang ini, tugas dan kewenangan KPID masih kurang kuat. Dia mencontohkan pihaknya berulangkali menyemprit beberapa siaran televisi, namun pada akhirnya industri pertelevisian memiliki inovasi dengan memunculkan kembali siaran yang isinya sama dengan nama berbeda.

“Karenanya, butuh peran aktif masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan dan menyampaikan aduan, saran, dan lainnya,” tuturnya.

Senada Komisioner KPID Jateng Tazkziyyatul Muthmainnah menuturkan respons masyarakat terhadap siaran sangat diperlukan. Menurutnya, semakin banyak aduan masyarakat akan makin menguatkan KPID.

“Sayangnya, sejak KPID berdiri, aduan dari masyarakat masih minim. Selama tiga periode ini aduan masyarakat minim. Kami ingin fokus (melibatkan pengawasan) pada wanita yang lebih setia,” ujarnya. (RS)

 

59
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>