Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia]  – Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah Budi Setyo Purnomo mengatakan pihaknya akan dihadapkan pada pekerjaan rumah (PR) terkait Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng pada 2018 dilanjutkan pemilu legislatif  dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Menurutnya, agenda besar itu dituntut kinerja KPID Jateng melakukan pengawasan agar lembaga penyiaran menyajikan informasi yang berimbang.

“Tentunya, pengawasan mesti diperketat agar lembaga penyiaran tetap menyajikan informasi yang berimbang, netral, independen serta menyuarakan kepentingan public,” ujarnya usai dilantik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Senin. (13/2)

Dia menambahkan sebagai lembaga independen dituntut bekerja keras secara professional mengawal penyiaran di provinsi ini baik media televisi maupun radio.

“Untuk itu diperlukan peran aktif masyarakat mengawal dan mengawasi lembaga penyiaran sehingga isi siaran yang disampaikan adalah informasi sehat dan berdampak positif guna mewujudkan masyarakat yang cerdas dan bermartabat. Jika KPID kuat saiaran sehat publik pun menjadi cerdas,” tuturnya.

Di sisi lain, lanjutnya, KPID perlu mendorong lembaga penyiaran di Jawa Tengah menjadi perusahaan media yang sehat. Budi juga meminta kepada lembaga penyiaran televisi nasional yang memiliki jaringan-jaringan lokal lebih membuka ruang untuk memasukan konten-konten lokal yang akan membantu pembangunan Jawa Tengah.

“KPID akan terus mendorong agar potensi yang ada di Jawa Tengah baik pariwisata, kuliner dan produk-produk ekonomi kreatif unggulan dapat terangkat, tidak hanya di Jawa Tengah namun juga seluruh nusantara,” ujarnya.

Dia menururkan di sisi lain, KPID perlu mendorong lembaga penyiaran di Jawa Tengah menjadi perusahaan media yang sehat.

“Kami juga akan memberdayakan potensi lokal Jawa Tengah melalui program siaran, karena provinsi ini memiliki kekayaan budaya kuliner serta berbagai kekayaan lokal,” tuturnya. (RS)

72
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>