Sebarkan berita ini:

14-pilkada-serentakSEMARANG[SemarangPedia] – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengoptimalkan kinerja Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) melalui sosialisasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2017, sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih hingga mencapai 75%.

Anggota KPU Hasyim Ashari mengatakan KPUD harus terus melakukan sosialisasi Pilkada serentak 2017, hingga partisipoasi pemeilihnya bisa sesuai yang diharapkan.

Menurutnya, melalui sosialisasi tersebut diharapkan partisipasi pemilih mencapai target yang telah ditentukan yakni sebesar 75%.

“Meski pelaksanaan di lapangan tidak semulus dengan target dan teori, karena jumlah partisipasi dalam Pilkada serentak dipengaruhi sejumlah faktor,” ujarnya, di Semarang.

Jumlah partisipasi yang signifikan, lanjutnya, secara politis ditentukan oleh dua faktor yakni figur atau profil calon yang akan maju serta program yang ditawarkan oleh calon kepada simpatisan.

“Pertama calonnya menarik pemilih tidak?. Kalau menarik akan mampu menyedot pemilih untuk datang ke TPS menggunakan haknya.  Sedangkan program,  apakah program yang ditawarkan bersentuhan langsung tidak dengan kepentingan pemilih?,” ujar Hasyim yang baru dilantik menjadi anggota KPU Pusat menggantikan Husni Kamil oleh Presiden  Joko Widodo, beberapa waktu lalu.

Faktor lainnya, lanjutnya, hal yang lebih bersifat teknis yang akan mendongkrak partisipasi pemilih dalam pilkada serentak.  Hal itu terkait masalah waktu seperti Pilpres diberi hari libur nasional sehingga para pemilih bisa menggunakan haknya.

“Sedangkan Pilkada serentak pada umumnya dilaksanakan bukan hari libur, sehingga masyarakat yang akan menggunakan haknya kesulitan karena ada sebagian yang tidak mendapat izin dari tempatnya bekerja,” ujarnya. (RS)

 

113
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>