Sebarkan berita ini:

30-Bakal Calon PilkadaSEMARANG[SemarangPedia] – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk melakukan proses tes kesehatan bakal calon untuk Pilkada 2017, sebagai upaya untuk menghindari adaanya Kepala Daerah yang mengonsumsi narkoba.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo mengatakan kerja sama dengan BNN segar dilakukan untuk tes kesehatan bakal calon dan tes bebas narkotika bagi calon Kepala Daerah di provinsi ini.

“Kami akan libatkan BNN dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta Himpunan Psikolog (Hipsi) untuk melakukan penyaringan Pilkada tertama tes kesehatan bagi calon kepalada Daerah dan Wakilnya,” ujarnya, Selasa. (30/8)

Menurutnya,  langakh itu sesuai amanah Undang Undang nomor 10 tahun 2016 dan Peraturan KPU nomor 5 tahun 2016, harus ada pemeriksaan kesehatan yang melibatkan tim dari rumah sakit pemerintah dengan melibatkan IDI, Hipsi, dan BNN.

Namun demikian, lanjutnya,Pilkada di tujuh daerah di Jawa Tengah, tidak semua daerah memiliki kepengurusan BNN dan Hipsi di tingkat Kabupaten/Kota, sehingga KPU akan menggandeng BNN Provinsi dan Hipsi Jateng.

“Tes kesehatan bagi merea dilaksanakan usai pendaftaran bakal calon, mulai 21-27 September mendatang,” tuturnya.

Sesuai tahapan, dia menambahkan KPU akan membuka pendaftaran pasangan bakal calon kepala daerah pada 21-23 September 2016, sesuai ketentuan dalam Peraturan KPU nomor 4 tahun 2016.

Saat ini, KPU terus menggelar rapat kerja (raker) untuk menyiapkan pelaksanaan pemutakhiran data, pengumuman dan pendaftaran pasangan calon, serta pemeriksaan kesehatan para bakal calon kepala daerah.

87
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>