Sebarkan berita ini:

DEMAK[SemarangPedia] – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak menggelar rapat pleno terbuka dengan agenda penentuan nomor urut pasangan calon (Paslon) bupati-wakil  bupati yang akan mengikuti Pilkada Demak 9 Desember mendatang

Dalam rapat pleno  yang berlangsung di Ruang  Sidang Paripurna DPRD Demak, Kamis (24/9) ditetapkan Paslon cabup yang diusung PDI Perjuangan, Golkar, PKB, PPP, PAN dan Partai Demokrat, Eistinah – Ali Mahsun mendapat nomor 1. Sedangkan,  paslon Mugiono –  Badrudin diusung oleh Partai Gerindra dan Nasdem mendapat nomor urut 2.

Ketua KPU Demak Bambang Setya Budi mengatakan rapat pleno ini digelar secara internal yang dihadiri oleh Komisioner KPU Demak, Bawaslu Demak,  pasangan calon dan  penghubung kedua paslon.

“Setelah dilakukan pengundian, rapat pleno  memutuskan pasangan calon Eistianah – Ali Makshu mendapat nomor urut 1 dan nomor 2 pasangan Mugiono – Gus Badrudin,” ujar Bambang, Kamis (24/9).

Menurutnya, Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang tahapan pengundian nomor urut peserta Pilkada Demak 2020 telah dilaksanakan dan berjalan  berjalan lancar.

Tahapan pengundian nonor urut peserta Pilkada, lanjutnya, mengalami perubahan regulasi  karena masih berlangsungnya pandemi Covid -19.

Dia menambahkan berdasarkan PKPU Nomor 13 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur , Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Nonalam Covid -19, rapat pleno terbuka untuk pengundian nomor urut paslon Bupati dan Wakill Wakil Bupati Demak, hanya dihadiri pasangan calon, dua orang perwakilan Bawaslu Demak, satu penghubung pasangan calon dan Komisioner KPU Demak.

Selain itu, tutur Bambang, peserta yang hadir dalam pengundian nomor urut, wajib menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan dan pengendalian Covid -19. Ketentuan itu sudah dipenuhi, setelah penentuan nomor urut peserta Pilkada proses selanjutnya adalah kampanye yang akan dimulai 26 September hingga 5 Desember mendatang.

“Kami berharap semua yang terlibat dalam proses Pilkada harus tetap mengikuti dan mentaati protokol kesehatan,” tuturnya. (SMH/RS)

11
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>