Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Pemkot Semarang mulai merealisasikan pelebaran akses Kreteg Wesi (Jembatan besi) Sampangan pada tahun ini, sebagai respon keluhan masyarakat terhadap kepadatan lalu lintads yang mengakibatkan kemacetan kendaraan di jembatan tersebut.

Selain itu, warga juga mengeluhkan jembatan itu sudah tak lagi dapat menampung jumlah arus kendaraan pada pagi dan sore hari, dan meminta adanya penambah jalur disamping jembatan eksisting yang sudah ada saat ini.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menjelang masa cuti kampanyenya, yang akan dimulai pada 26 September 2020, menyempatkan untuk meninjau proses pelebaran akses kreteg wesi itu, Kamis (24/9).

Hendrar Prihadi mengatakan pihaknya mulai membangun pelebaran jembatan dan penambahanan jalur disamping jembatan 17 September lalu dan dijadwalkan bisa rampung November mendatang.

“Pelebaran akes yang menghubungkan Kecamatan Gunungpati dan Kecamatan Gajahmungkur itu akan menelan baya anggran sebesar sebesar Rp20 milyar dan ditargetkan rampung November 2020,” ujar Hendi panggilan akrab Hendrar Prihadi itu.

Menurutnya, pelebaran jembatan yang akan dilakukan dengan menambah sekitar tujuh meter tersebut, baru mencapai progres sebesar 4%.

“Pembangunan itu baru dimulai pada 17 September 2020 lalu, saat ini pekerjaannya baru mencapai 4%, tapi pihak kontraktor sudah menyampaikan kepada saya kalau kontrak yang sampai 30 November 2020 bisa diselesaikan,” tutur Hendi.

Dia menambahkan konsep pembangunan adalah penambahan satu jembatan, di sebelah barat jembatan yang ada sekarang ini. Bahkan untuk beton yang merupakan komponen utama dan akan menjadi penampang jembatan besi tersebut telah dipesan.

“Begitu beton sudah diletakkan di pondasi bisa dipastikan akan cepat rampung. Alhamdulillah sejauh ini tidak ada kendala, jadi saya berharap proses pembangunan akan berjalan dengan cepat, sehingga lalu lintas yang menuju kampus – kampus sekitar akan cepat teratasi, di antaranya di perempatan Jalan Dewi Sartika dan pertigaan Jalan Talangsari,” tutur ujarnya.

Hendi juga meminta masyarakat untuk bersabar atas adanya dampak pembangunan yang sedang berlangsung dan diharapkan warga dapat mendukung pembangunan dengan melakukan penyesuaian jalur, selama pelebaran akses jembatan dikerjakan.

Dia yakin dengan dukungan dari masyarakat, pembangunan dapat berjalan lancar, dan selesai tepat waktu, sehingga masyarakat juga dapat segera merasakan hasil dari pembangunan yang dikerjakan. (RS)

7
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>