Sebarkan berita ini:

26-bus-canggihSEMARANG[SemarangPedia] – Kualitas layanan massal transportasi baik darat, laut maupun udara harus terus ditingkatkan, mengingat sektor perhubungan memiliki peranan strategis terkait aspek keselamatan dan kenyamanan bagi penumpang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan kualitas pelayanan transportasi harus ditingkatkan, guna meningkatkan aspek keselamtan dan keamanan bagi penumpang yang selama ini mereka menuntut untuk dapat diwujudkan sesuai yang diharapkan.

Menurutnya, sektor perhubungan memiliki pelayanan strategis, sehingga pihak terkait perlu meningkatkan pelayanan bagi pengguna transportasi masal seperti jalur darat di antaranya bus maupun laut kapal penumpang dan kapal veri serta kapal roro, sedangkan jalur udara maskapai penerbangan.

“Sudah tidak jaman lagi melihat bus bobrok di jalan atau ada bus kebal-kebul tidak karuan, layanan transportasi buruk harus ditertibkan. Kita tidak mau lagi ada kejadian kapal rusak, pelampung tidak siap, maupun beban melebihi kapasitas,” ujarnya saat memberikan amanat inspektur upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harbubnas) 2016, di Terminal Penumpang Tanjung Emas Semarang, Senin (26/9).

Seluruh matra layanan transportasi, lanjutnya, harus didorong supaya berjalan baik dan prima. Transportasi kereta api telah lebih dulu melakukan perubahan pelayanan prima, sehingga kereta api kini menjadi pilihan sebagian besar masyarakat.

“Kita ingin semua matra pelayanan seperti itu, sehingga orang berbondong-bondong karena kenyamanan dan aman. Untuk itu kami minta kerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota terkait pelaksanaan KIR. Uji kendaraan semuanya harus beres, pengelolaan sistem transportasi termasuk sarana prasarana harus lancar,” tuturnya.

Dia mengharapkan agar semua layanan transportasi mulai dari bandara, pelabuhan, maupun terminal dapat mengoptimalkan pelayanannya menjadi pelayanan baik, bersih, rapi dan nyaman.

“Peningkatan pelayanan prima inilah sebenarnya revolusi mental yang sejati. Jangan ada yang mencari kaya sendiri dalam melayani masyarakat, apalagi mencari-cari keuntungan dengan cara tidak halal,” ujarnya. (RS)

 

140
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>