Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Semarang merupakan salah satu Kota pesisir di Pulau Jawa yang menjadi surga bagi pecinta kuliner. Ada banyak tempat makan legendaris di kota ini yang memiliki sejarah dan citarasa yang sangat luar biasa.

Berikut beberapa tempat makan yang sangat terkenal dan legendaris di Semarang seperti yang dilansir  blog.ivancanza.co.

Lunpia Semarang Gang Lombok

Lunpia atau kita sering menyebutnya Lumpia merupakan salah satu makanan khas Kota Semarang. Jika ingin merasakan Lunpia yang satu ini anda tidak usah bingung untuk lokasinya  berdekatan dengan Klenteng Tay Kak Sie Gang Lombok, salah satu kelenteng tertua di Kota Semarang .

Ada dua macam Lunpia yang tersedia, yaitu Lunpia basah dan Lunpia goreng yang disajikan dengan selada, saus khas Semarang yang kental dengan bawang yang masih segar

Sejak pagi kios ini sudah ramai dikunjungi pembeli yang kebanyakan dibawa pulang sebagai oleh–oleh. Jika hendak dibawa pulang, Lunpia Gang Lombok ini menggunakan besek (seperti karton namun terbuat dari anyaman bambu)

Warung Makan Asem-Asem Kog Liem

 Masakan daging dengan citarasa rempah yang kuat dan kuah santan menjadi hal yang lazim dijumpai di Indonesia. Kebanyakan masakan tersebut umumnya menonjolkan rasa asin, manis, dan pedas. Jika kamu bosan dengan jenis masakan tersebut atau ingin mengeksplorasi lebih jauh olahan daging dengan citarasa yang unik, kamu bisa mencoba mencicipi menu Asem-Asem Daging yang dijual di warung makan milik Piek Swie Liem atau Koh Liem di Jl. Karanganyar, Semarang.

Lokasinya berdekatan dengan SMA Kolese Loyola Semarang. Warung Makan Asem-Asem Koh Liem ini cukup kondang dan tentunya tak asing lagi bagi para pecinta kuliner Semarang karena sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu.

Tahu Pong Perempatan Depok

Tahu Pong merupakan kuliner khas dari kota Semarang yang sudah dikenal sejak awal tahun 1930an, dan bisa dikatakan ini juga merupakan resep akulturasi dari budaya peranakan. Tahu pong berasal dari kata kopong yang artinya kosong, yaitu tahu yang ketika kita iris didalamnya kosong tanpa ada isinya. Namun ada juga yang menyebutkan asal pong itu berasal dari bahasa Hokkian selatan, phong, yang artinya menggembung, sesuai dengan bentuk tahu tersebut menggembung.

Salah satu penjual tahu pong di Semarang yang sangat legendaris adalah Tahu Pong Perempatan Depok. Tahu Pong Perempatan Depok memang termasuk tempat makan jadul.. Bapak Ridwan Sunyoto, pendiri Warung Tahu Pong Prapatan Depok  awalnya  berjualan tahu pong secara berkeliling sejak tahun 1945, kemudian mulai mendirikan warung sejak tahun 1950

Nasi Goreng Babat Pak Karmin

Nasi Goreng Babat Pak Karmin menurut cerita yang beredar merupakan warung yang menjajakan nasi goreng dan babat gongso paling lama di Semarang. Letak warung Pak Karmin ini aksesnya cukup mudah karena masih berada di tengah kota Semarang, yaitu di Jalan Pemuda( dekat jembatan Mberok).

Soto Bokoran

Bagi orang Semarang soto merupakan salah satu makanan yang tak asing lagi. Hampir di setiap tempat, soto paling gampang kita jumpai. Bagi kamu yang sedang berlibur di Semarang, wajib untuk mencicipi soto yang satu ini. Apalagi jika kamu menginap di hotel dekat Simpang Lima. Tidak jauh dari tempat menginap ada soto yang cukup  melegenda, yaitu Soto Bokoran.

Seperti kebanyakan soto Semarang pada umumnya, Soto Bokoran disajikan dalam mangkok mungil. Tersaji bersama nasi, suwiran ayam, soun, bawang goreng dan nggak lupa daun seledri.

Sate Dan Gule Kambing 29 Pak Yoe

Penggemar sate kambing wajib hukumnya datang ke rumah makan yang satu ini kalau lagi ke Semarang, tempat yang sudah buka sejak tahun 1968 ini berda di Jalan Letjen Suprapto No. 29, Semarang. Kawasan kota lama,  menyajikan sate dengan daging pilihan dari bagian paha atas dan juga punggung yang minim lemak, sehingga rasanya dijamin empuk sekali, rumah makan ini ramai dikunjungi baik siang ataupun malam hari.
ditempat ini juga ada menu lain yakni Sate buntel dibuat dari daging kambing yang sudah dicincang dan ukurannya menjadi besar

Kue Leker Paimo

Kue lekker terkenal sebagai kue yang dijajakan di kaki lima. Bentuknya menyerupai martabak namun lebih kecil dan lebih tipis. Biasanya kue lekker berisi meises coklat, remukan kacang bercampur gula, pisang atau keju. Cemilan ini disukai oleh semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa.

Lekker Paimo terletak di Jalan Karanganyar No.37, Semarang ini telah berdiri sejak tahun 1978. Lekker ini sangat tersohor karena memiliki varian rasa yang beragam  dan varian rasa antara lain Telur Sosis, Tuna Keju, Jagung Manis, Keju Abon, Telur Sosis kju, Telur Sosis Tuna, Telur Sosis Tuna Keju, Sosis Mozarella, dan masih banyak varian rasa lainnya.

Gudeg Abimanyu

Semua orang pasti tahu Gudeg berasal dari Yogyakarta, tapi siapa sangka bahwa di kota Semarang juga ada satu gagrak gudeg yang khas dan sudah bertahan selama puluhan tahun. Gudeg Abimanyu merupakan salah satu kuliner legendaris Semarang yang memiliki penggemar lintas generasi.

Gudeg ala Semarangyang terletak di Jalan Abimanyu VII No.6, Semarang dan Jalan Ki Mangunsarkoro No. 15, Semarang ini agak berbeda dengan yang sering kita jumpai di Yogyakarta. Dari segi penampilan, Gudeg Abimayu memang mirip jenis gudeg basah, tapi rasanya tidak semanis gudeg Yogya. Untuk penyajiannya, gudeg dipadukan denga daun singkong dan kol rebus, sambel goreng krece, telur pindang, serundeng basah, dan di atasnya
disiram areh kental yang memberi tandangan rasa gurih. Selain itu tersedia juga lauk tambahan seperti opor ayam, koyor (otot sapi), bakwan jagung, rempeyek gimbal udang, dan aneka kerupuk. Gudeg Abimanyu juga mempunyai sambal yang khas, yakni sambal ebi. Sambalnya terbuat dari kombinasi cabai rawit dan ebi yang dimasak bersamaan
hingga berwarna agak pekat. (HN/RS)

Pusat Leker
410
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>