Sebarkan berita ini:

12-Terboyo kumuh1SEMARANG[SemarangPedia]-Kumuhnya Terminal Induk Terboyo Semarang yang terlihat seperti bangunan ‘bobrok’, menjadikan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan sangat heran dan kecewa ketika melakukan pengecekan kelengkapan sarana dan prasarana di terminal milik Pemkot Semarang itu.

Terminal Induk Terboyo tahun-tahun sebelumnya merupakan terminal terluas di Jateng dan termegah, namun setelah dilanda banjir rob dan tak terurus oleh pengelolanya, kini menjadi kumuh dan becek, meski aktivitas keluar masuk bus hingga kini masih berjalan.

“Kondisi Terminal Induk Terboyo sangat memprihatinkan. Areal dan bangunan itu aset Pemkot, semestinya Wali Kota bisa ikut membenahi dan bisa dibantu Pemprov, mengingat semua sarana dan prasaran kurang terawat,” ujarnya, Selasa (12/7).

Jonan meminta kepada dinas-dinas terkait untuk segera membenahi fasilitas di dalam terminal, terutama bus yang jadi transportasi utama bagi masyarakat Semarang.

“Harus dibenahi terminalnya maupun sarana bus. Ini m,erupakan tangungjawan bersama, termasuk para perusahaan bus,” tuturnya.

Tidak hanya permintaan, bahkan Jonan mengancam bakal menindak pengelola bus yang masih mengoperasikan armadanya yang tak laik jalan.

“Aktivitasa bus di Terminal Induk itu masih banyak, namun hampis sebagian besar tidak layak jalan. Nanti saya tertibkan sendiri, jika perusahaan bus membandel. Kalau tidak layak tidak bakal boleh jalan. Itu aja,” ujarnya.

Di Kota Semarang hingga saat ini memiliki tiga terminal bus, selain terminal Induk Terboyo yang berlokasi di diujung Timur Kota Semarang, juga Terminal Penggaron berada di Timur Tengah dan yang terbaru Terminal Mangkang berada di sebelah barat. (RS)

 

87
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>