Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata Kota Semarang selama libur Lebaran terus meningkat hingga total dari 5 Juni 2019 hingga 7 Juni 2019 tercatat wisatawan yang berkunjung ke objek taman margasatwa Kota Semarang mencapai sebanyak 26.175 wisatawan.

Sedangkan wisatawan yang berkunjung ke Lawang Sewu selama libur Lebaran sekitar 11.647 wisawan dan ke Sam Poo Kong sebanyak 12.474 wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang Indriyasari mengatakan total jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Semarang saat libur Lebaran hingga, Jumat (7/6 mencapai 79.301 orang.

Data tersebut merupakan jumlah pengunjung sejak hari pertama Lebaran, Rabu (5/6), hingga hari ketiga, Jumat (7/6).

“Wisatawan tersebut tersebar di beberapa objek wisata yang ada di Kota Semarang meliputi Goa Kreo, Hutan Wisata Tinjomoyo, Taman Lele, Water Blaster, Grand Maerakaca, Pantai Marina, Sam Poo Kong, Lawang Sewu, Dream Zone Museum (DMZ), 3D Old City dan Semarang Zoo.

Menurutnya, ada kenaikan jumlah wisatawan 1,5 kali lipat dari Lebaran tahun lalu hampir di seluruh objek wisata yang ada di Kota Semarang. 

Destinasi Semarang Zoo, lanjutnya, menjadi destinasi favorit kawasan pinggir kota, mengingat Semarang Zoo memiliki lahan yang luas, wahana yang lengkap dan terkonsep wisata keluarga, sehingga banyak orang tua yang mengajak keluarganya berlibur di destinas tersebut.

Banyaknya pengunjung di Semarang Zoo, lanjutnya, juga disebabkan karena lokasi Semarang Zoo cukup strategis berada di jalur pantura, sehingga banyak para pemudik yang mampir ke Semarang Zoo sebelum balik ke arah barat.

Wisata favorit di pusat kota memang masih didominasi Lawang Sewu dan Sam Poo Kong. Namun wisata lainnya juga mengalami lonjakan meski tidak sebesar kedua oyek wisata itu.

“Hari pertama Lebaran jumlah wisatawan yang datang ke Kota Semarang masih relatif tidak begitu banyak dan pada hari kedua mulai terlihat naik hingga hari ketiga. Kami harap Minggu ini akan lebih banyak lagi,” tuturnya.

Meski Sabtu dan Minggu diprediksi menjadi hari terakhir arus balik, Iin optimis jumlah wisatawan yang datang ke Semarang akan tetap banyak, karena seelumnya telah dipersiapkan berbagai atraksi yang bakal menarik wisatawan di antaranya Ritual Sesaji Rewanda yang akan digelar di Goa Kreo dan Mahakarya Goa Kreo yang akan digelar di Plaza Waduk Jatibarang pada Minggu (9/6). (RS)

8
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>