Sebarkan berita ini:

15-Tol-Solo-Kertosono-di-Solo1SOLO[SemarangPedia] – Ruas tol Solo-Kertosono (Soker) sepanjang 25 Kilometer (Km) yang akan dibuka pengoperasionalnya menjelang Lebaran mendatang hanya dapat dilewati satu arah, menyusul belum keseluruhannya pekerajaan fisik rampung.

Jalur tol Soker itu diberlakukan satu arah selama arus mudik Lebaran, karena masih banyak pekerjaan pembangunan fisik belum sempurnanya.

Selain kendaraan yang melintas dibatasi khusus bagi kendaraan bertonase ringan, seperti mobil pribadi dan angkutan umum, juga belum ada penerangan lampu jalan dan markah.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) PembangunanJalan Bebas Hambatan Solo-Kertosono I, Berdu Cahyono mengatakan  masih ada sejumlah kendala dalam operasional Tol Soker, di antaranya belum dilengkapi markah jalan, lampu penerangan, serta belum dilengkapi pengaman di kanan dan kiri jalan.

“Kondisi tol itu belum sempurna, seeehingga kami rencanakan diberlakukan satu arah dengan ke arah timur untuk kendaraan kecil, sedangkan bus tidak boleh melintas dulu,” ujarnya, Rabu.  (15/6).

Tol Soker, lanjutnya, terdapat dua jembatan terdiri jembatan Sungai Bengawan Solo dan jembatan Wonorejo yang belum sempurna pekerjaannya. Bahkan pembangunan underpass Klodran juga belum selesai,  sehingga dilakukan rekayasa lalu lintas.

“Ke depan kendaraan melintas di persimpangan jalan sebidang. Namun demikian, secara umum jalan tol bisa dilalui meski belum sempurna,” tuturnya.

Menurutnya, sepanjang tol Soker akan memperbanyak rambu-rambu peringatan dan tol dibuka hanya pukul 06.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB, karena malam hari rawan belum ada penerangan.

Saat ini pembangunan jalan tol Soker terus dikebut dn diproyeksikan bisa dimaksimalkan hingga H-10 Lebaran, sehingga dapat dimanfaatkan bagi kendaraan arus mudik mulai H-7 Lebaran.

Begitu juga mempercepat pembangunan di jalur masuk tol yang terdapat  tiga pintu tol terdiri di Klodran, Kemiri dan Pungkruk. Saat ini tiga pintu masuk baru berupa jalan tanah padat.

“Kami segera akan memasang beton sementara di akses masuk agar bisa dilalui kendaraan saat arus Lebaran,” ujarnya.

78
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>