Sebarkan berita ini:

28 - bombUNGARAN[SemarangPedia] – Sebuah paket kardus mencurigakan ditingglkan seorang pria yang menyamar sebagai tamu di media center lantai dasar Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Semarang,  Jln Diponegoro No 14 Ungaran, Kamis.(28/7)

Temuan paket tersebut direspon cepat oleh patroli petugas keamanan dalam (PKD) kantor bupati Semarang itu.

“Bungkusan kardus itu, sangat mencurigakan, sehingga Tim PKD langsung lapor ke pihak berwenang,” tutur Jumali seorang anggota PKD.

Sekitar pukul 09.30 WIB, Satu tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Bataliyon Zeni Tempur (Yon Zipur) 4/Tanpa Kawandya langsung bergerak cepat mensterilakan lokasi. Riuh tim penjinak bom tadi membuat para PNS di lingkungan Pemkab Semarang kalang kabut.

Tidak berselang lama, paket bom itu dievakuasi ke halaman depan kantor bupati dan kemudian dilakukan peledakan. Ledakan bom itu membuat sejumlah PNS yang kebetulan melintas di seputar lokasi terkejut sambil bertiak.

Ternyata aksi pengamanan ledakan itu merupakan bagian dari simulasi latihan khusus (latsus) yang digelar Bataliyon Zeni Tempur (Yon Zipur) 4/Tanpa Kawandya.

“Tantangan tim Jihandak adalah bagaimana mengamankan paket bom tanpa harus ada korban jiwa” ujar petugas pengawas dan pengendali (Wasdal) latihan, Sertu TNI Agus Supriyanto

Dalam skenario, lanjutnya, tim bersama dengan petugas keamanan dalam (PKD) melakukan sterilisasi lokasi temuan bom selanjutnya mengamankan Sekda Gunawan Wibisono yang dari ruang kerjanya dan terakhir melakukan disposal atau peledakan bom untuk mengamankan situasi.

Sementara itu, Sekda Gunawan Wibisono mengatakan sudah mengetahui dan mendapat informasi sebelumnya jika ada simulasi penjinakan bom di Kantor Bupati Semarang itu.

“Simulasi ini merupakan bagaian dari pengamanan obyek vital. Bagi PKD ini menjadi evaluasi untuk tetap meningakatkan kewaspadaan terutama prosedur tetap penerimaan tamu terus,” tuturnya. (RS)

99
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>