Sebarkan berita ini:

Processed with VSCO

SEMARANG[SemrangPedia] –  Siapapun yang sempat berkunjung di Retro Cafe Semarang di kawasan Kota Lama, pasti terkesan seperti dibawa ke suasana tempo dulu dengan berbagai hiasan pernak-pernik barang kuno yang terpajang rapi di café itu.

Linggo Sapto, pria berusia 58 tahun merupakan sosok dibalik terwujudnya cafe bernuansa sejarah kuno Kota Semarang. Pria ini pemilik café, sekalikus pecinta barang – barang serba kuno dan antik.

“Saya sejak berusia enam tahun sudah menyukai dan mengumpulkan barang antik. Barang antik yang pertama saya koleksi, lampu gas buatan 1.600 an, yang saya pungut di tukang rongsokan dulu. Pencarian dan pengumpulan barang antik ini dari  kecil hingga usia senja ini sudah menjadi hobi,” ujarnya saat ditemui SemarangPedia.com.

Kecintaan terhadap barang antik tidak lepas dari warisan orang tuanya yang juga memiliki kegemaran yang sama. Tidak hanya itu, sejumlah koleksi film-film klasik dan dokomenter berkaitan sejarah juga dimiliki dan tersimpan rapi di cafenya

Processed with VSCO

Pencetus paguyuban pasar barang antik Kota Lama ini, memang sengaja menaruh segala benda – benda unik dan antik di cafe untuk memberikan nuansa klasik bagi pengunjung.

Menurutnya, lukisan, radio mesin tik dan seluruh koleksi barang antik pribadi dan orang tua, semua terpajang di cafe”, sehingga pengunjung yang masuk di ruangan café memorinya akan tergerak ke belakang.

Dia menuturkan sebagian dari barang – barang antik yang terpajang di cafe didapatkan tidak hanya dari pengepul barang bekas di Semarang dan daerah Indonesia bahkan sampai luar negeri pun disambangi hanya untuk memuaskan hasrat koleksinya dan menuruti hobinya.

“Barang antik ini ada yang saya cari hingga ke seberang lautan ke negeri Malaysia, Taiwan dan Negara di kawasan Asia lainnya. Bahkan ada pengunjung yang datang ke café menawar beberapa barang koleksi di antaranya, mesin timbangan dan mesin jahit dengan hara Rp30 juta ke atas, namun, tidak saya lepas,” ujarnya. (RS)

578
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>