Sebarkan berita ini:

15-Lomba BakiakSEMARANG[SemarangPedia] – Memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 71, Lapas Kelas Satu Kedungpane Semarang menggelar lomba bakiak dengan berpakaian adat.

Lomba yang diikuti para penghuni Lapas kelas satu Kedungpane dan Lapas Kelas Dua Wanita Semarang digelar Senin. (15/8). Kegiatan itu sebagai bagian dari perlombaan bakiak para penghuni lapas serentak di Seluruh Indonesia.

Selain berpenampilan unik dengan memakai pakaian adat mereka juga dituntut untuk kompak. Tak jarang peserta lomba yang salah gerak terjatuh, pasalnya, gerakan yang dilakukan tidak bersamaan saat berjalan.

“Kalau gak kompak gak bisa,  kesulitannya di kekompakan, selama gak kompak gak jalan,“ ujar Sri Dartutik salah satu penghuni dari Lapas Kelas Dua Wanita Semarang

Menurutnya, peserta lomba bakiak menjadi ramai dan unik, bahkan lomba bakiak yang di gelar itu menjadi pengalaman tersendiri bagi penghuni Lapas Kelas Dua Wanita Semarang.

“Asyik seumur hidup,  baru sekali dan ini dilapas pengalaman spektakuler dan cukup sekali saja,” tuturnya

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Propinsi Jawa Tengah Bambang Sumardiono mengatakan kekompakan yang ditunjukkan dalam lomba bakiak ini juga diterapkan oleh penghuni lapas selama menjadi warga binaan.

15-Lapas Adat“Selain mengangkat kearifan lokal, lomba ini dibutuhkan gotong royong, kebersamaan, kekompakan, senasib sepenanggungan, Jika gak ada kebersamaan dan komando gak bisa jalan,  seperti halnya salah satu pembelajaran lomba ini,“ ujarnya.

Lomba bakiak, dia menambahkan secara serentak yang dilakukan, diharapkan akan menjadi komitmen bersama bagi warga binaan untuk selalu kompak dalam kehidupan sehari-hari di dalam lapas.

Sebelum lomba bakiak di mulai para peserta lomba dan penghuni lapas bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya.(HN/RS)

170
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>