Sebarkan berita ini:

16-lomba-birSEMARANG[SemarangPedia] – Lomba minum Bir yang semula siap digelar di sebuah Cafe di Jalan DR Cipto Semarang pada 22 September mendatang akhirnya dibatalkan, menyusul munculnya saran dari Organisasi Pemuda Muhammadiyah Kota Semarang untuk tidak dilanjutkan rencana kegiatan itu.

Subandi Panitia penyelenggara kegiatan itu, mengatakan pihaknya telah resmi membuat surat pernyataan pembatalan lomba pesta bir itu.

Menurutnya, kegiatan akan diganti dengan lomba yang lain yang tidak berkaitan dengan minuman yang tidak mengandung alkohol, atau jenis hiburan lain yang menarik.

Sehari sebelumnya Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Semarang AM Juma’i mengisyaratkan agar kegiatan tersebut bisa dibatalkan, mengingat lokasi cafe berdekatan dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Semarang.

“Sesiai Perda yang berlaku disebutkan kegiatan yang berbau Miras dilarang berdekatan dengan rumah ibadah, sekolah, dan rumah sakit,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, Perda Miras yang ditetapkan sejak 2009 itu,  juga masih klurang sempurna karena tidak msesuai dengan situasi Kota Semarang yang menjunjung tinggi religiusitas, humanitas dan peradaban.

“Perda Miras tersebut perlu diubah, sanksinya terlalu ringan,” tututnya.

Menurutnya, Perda Miras Kota Semarang masih terlalu lemah, karena pelaksanaan pengawasan terkesan kurat tegas. Terbukti dari peredarannya yang bebas di masyarakat masih cukup banyak.

“Sanksi yang diterapkan dalam Perda tersebut masih terlalu ringan hanya menerapkan sanksi administratif,” ujarnya.

Pihaknya mengharapkan ada kajian ulang terhadap Perda no 8 tahun 2009 tentang pengawasan dan pengendalian minuman beralkohol, mulai dari perizinan, pendistribusian, pengawasan hingga  soal sanksi yang diperberat. (RS)

 

265
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>