Sebarkan berita ini:

10-Penerbangan1SEMARANG[SemarangPedia] –  Arus penumpang penerbangan di Bandara A Yani Semarang bakal melonjak hingga 10% menjelang Lebaran mendatang, dari tahun lalu penumpang mencapai 7.000 orang.

General Manajer PT Àngksa Pura I Ahmad Yani Priyo Jatmiko mengatakan penumpang selama arus mudik dan arus balik Lebaran  melalui jalur udara setiap tahunnya meningkat antara 10%-13%. Jumlah penumpang itu dilayani penerbangan reguler sebanyak 11 maskapai dengan 10 kali penerbangan pulang-pergi.

“Jumlah penumpang yang berangkat 50 kali penerbangan, dan kedatangan 50 kali penerbangan,” ujanya, di Semarangr, Jum’at (10/6).

Menurutnya, beberapa maskapai penerbangan terdapat yang mengajukan tambahan jadwal penerbangan, di antaranya Garuda, Lion Air dan Sriwijaya dan permintaan ekstra flat maskapai itu masih dievaluasi, bahkan akan diputuskan sebelum posko mudik digelar pada 24 Juni-17 Juli 2016.

“Manajemen masih mengevaluasi tambahan jadwal penerbangan yang menyesuaikan dengan parkir terminal, sehingga belum ada  keputusan. Apakah ada tambahan ekstra flat atau tidak ?,” tuturnya.

Otoritas Bandara Ahmad Yani selama ini baru memiliki izin 130 slot time dari kisaran 65 flat jadwal maskapai yang beroperasional dalam 24 jam. Namun demikian, disesuaikan dengan loss terminal yang baru memiliki delapan parking stand.

Dari jumlah itu, lanjurnya, terbagi enam untuk pesawat nairo body 73100 dan dua pesawat kecil untuk ATR. “Enam terminal parkir untuk maskapai Lion Air, Garuda, Sriwijaya, Citylink, dan Batik Air,” ujarnya.

Menurutnya, untuk mengantisipasi lonjakan selama arus Lebaran, pihaknya akan membuka jadwal ekstra flat maskapai. Namun sampai saat ini tidak semuanya maskapai mengajukan permintaan tambahan bisa dipenuhi.

“Pada umumnya maskapai dengan jadwal penerbangan tinggi, sehingga harus ditambah flat time, kemungkinan ini menjadi prioritas dipenuhi” tuturnya. (RS)

65
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>