Sebarkan berita ini:

TSEL1SEMARANG [SemarangPedia] – PT  Telkomsel Tbk memprediksi lonjakan trafik komunikasi selama Ramadhan dan Lebaran tahun ini bakal meningkat 5%-15% menjadi 930 juta SMS, sedangkan data melesat 15%-25% menembus 2.700 terabyte.

Manajemen Telkomsel akan mengantisipasi dengan mengoptimalisasi jaringan, seperti menjaga kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan (visitor location register), di tengah operator selular itu masih memimpin pasar di sepanjang jalur (Pantura) utama mudik di Jawa dan Sumatra dan kana menyediakan kelonggaran 40%-60%.

Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi mengatakan layanan Telkomsel akan membantu pelanggan untuk tetap terhubung dengan jaringan, selain juga mengidentifikasi 809 hotspot atau point of interest (POI) yang meliputi bandara, terminal bus, stasiun kereta, dermaga, rumah sakit, area padat populasi, pasar tradisional, dan mall, di mana terjadi lonjakan komunikasi tinggi selama Ramadhan dan Lebaran.

“Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi itu, Telkomsel menyiagakan 76 unit compact mobile base station (Combat) agar kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data meningkat,”ujarnya di sela pemaparan hasil network drive test 2016, Kamis (19/5).

Di sisi lain, lanjutnya, sepanjang tahun Telkomsel terus membangun base transceiver station (BTS) di berbagai daerah yang dapat mendukung keprimaan jaringan selama Ramadhan dan Idul Fitri.

19-Telkomsel Bersama Media 1Menurutnya, pada periode Lebaran ini, pelanggan akan dilayani oleh 116.000 BTS di berbagai penjuru negeri, dan tercatat 57% di antaranya merupakan BTS broadband (3G dan 4G) yang mampu melayani bandwidth internet sebesar 776 giga bit per second (Gbps).

“Kebutuhan komunikasi masyarakat terus meningkat setiap tahun, terutama pada layanan data yang meningkat lebih dari 100% selama 2015,” tuturnya

Di sisi pelayanan, Telkomsel menghadirkan posko mudik dan titik layanan di POI-POI yang teridentifikasi. Bahkan 412 Grapari, 392 mobile Grapari, 40 unit layanan digital self service My Grapari, 464 branch office yang disediakan diharapkan berfungsi maksimal selama Ramadhan dan Lebaran.

Secara keseluruhan, hasil network drive test 2016 Jakarta-Semarang sepanjang 450 km memperlihatkan Telkomsel siap menyambut Ramadhan dan Lebaran. Sepanjang rute itu, terdapat 841 BTS (52 BTS 4G, 472 BTS 3G, dan 317 BTS 2G) yang akan melayani pelanggan.

Angka rata-rata yang diperoleh selama drive test adalah call setup success rate (CSSR) 98,95%, call setup time (CST) 5,75 s, call completion success rate (CCSR) 98,43%, mean opinion score (MOS) 99,54%, data throughput 9023 Mbps.

 

80
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>