Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Mahasiswa Prodi Teknologi Pangan UPGRIS memamerkan aneka ragam kuliner hasil produksinya yang disajikan dalam Ekspo Pengembangan Produk di gekar halaman Gedung Utama Universitas PGRI Semarang, Rabu (11/12).

Ketua Program Studi Teknologi Pangan UPGRIS M Khoiron Ferdiansyah, STp M Sc mengatakan sajian kuliner yang enak dan sehat diperlukan kemampuan mengolah sekaligus pengetahuan terhadap kandungan bahan-bahannya. Bahkan makanan harus menarik secara tampilan sekaligus enak dan bergizi.

Syarat itulah, lanjutnya, yang harus dipenuhi oleh mahasiswa Prodi Teknologi Pangan UPGRIS dalam Ekspo Pengembangan Produk yang digelar PGRI Semarang.

“Mahasiswa ditantang untuk mengkolaborasikan kemampuan akademik mereka tentang kandungan bahan-bahan makanan sekaligus kreatifitas mereka dalam merancang sebuah produk kuliner yang sehat dan menarik secara tampilan,” ujarnya di sela-sela kegiatan itu.

Dalam acara ini, lanjutnya, mahasiswa dipersilakan untuk menampilkan kreasi kuliner mereka sekaligus belajar membuat brosur produk untuk promosi.

Dalam ekspo ini terdaat 8 produk karya mahasiswa yang dipresentasikan terdiri Celery Jelly Drink, Bir Pletok Rajaking, Dendeng Ikan Nila, Ri Flakes Sereal, Pattroug Patties Analog, Kerupuk Kopi Jaliteng, F Bars Pisang.

Annisa Metya mahasiswa peserta ekspo menuturkan acara ini dia manfaatkan untuk memperkenalkan produk buatannya yaitu Pattroug Patties Analog. Produk kuliner ini semacam pengganti daging yang biasa dipakai untuk “junk food” atau makanan cepat saji.

“Saya bersama tim terinspirasi membuat makanan yang aman dan sehat. Kami melihat banyak orang suka dengan gaya hidup yang suka makan fast food. Padahal makanan ini banyak menimbulkan penyakit,” tutur Metya.

Berdasarkan pemikiran tersebut, Metya kemudian membuat menu pengganti daging olahan yang lebih sehat dengan membuat “patties” berbahan kacang merah, kacang hijau, dan kacang tanah.

Dengan menu ini Metya berharap masyarakat mau mengganti “junk food” dengan kuliner sehat. “Menu ini juga sangat cocok untuk mereka yang vegetarian,” ujar Metya. (RS)

14
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>